Press "Enter" to skip to content

Kampung KB Kubu Gadang Dinilai BKKBN Sumbar

Padang Panjang, wartapublika.com- Ditetapkan sebagai empat besar tingkat provinsi, Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) dikunjungi Tim Penilai dari Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (31/3), di Aula Kantor Ekor Lubuk.

Tim penilai yang diketuai Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati, S.T, M.Eng ini, disambut Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Ketua TP-PKK Kota, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Wakil Ketua TP-PKK, Nova Era Yanthy Asrul, camat, lurah dan stakeholder di kelurahan tersebut.

Walikota Fadly dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur Kubu Gadang masuk dalam empat besar nominator Kampung KB Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Terima kasih kepada Perwakilan BKKBN Sumbar dan Tim Penilai yang telah memilih Kubu Gadang sebagai nominator Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi,” katanya.

Dikatakannya lagi, Kampung KB merupakan komitmen bersama. Hampir seluruh kelurahan di Kota Padang Panjang sudah memiliki Kampung KB. Menurut Fadly, ini bentuk keseriusan mengedepankan visi-misi keluarga sebagai garda terdepan dalam pembangunan.

Lebih lanjut dikatakan, Kampung KB menjadi unit terdepan mengatasi isu stunting. Di tingkat Sumbar Padang Panjang menjadi yang terbaik penanganan stunting, sudah diangka 16,8 %.

“Tidak hanya gizi, tanpa kekuatan keluarga memproteksi anak-anak dari segi pendidikan dan di seluruh elemen, ini penting untuk diperhatikan bersama-sama,” ujarnya.

Sementara itu, Fatmawati mengatakan, Padang Panjang masuk empat besar dengan nilai tinggi bersama Kota Solok, Kabupaten Solok, dan Kota Padang. Pada 1 April hasil penilaian ini akan dikirimkan ke Pusat.

“Kita melihat dari penyambutan, sangat antusias, terlihat dari berbagai OPD yang hadir. Ini menandakan dan menunjukkan komitmen seluruh stakeholder,” tuturnya.

Dikatakannya lagi, penyelenggaraan Kampung KB merujuk pada Inpres No 3 Tahun 2022 terkait Optimalisasi Kampung KB. Optimalisasi ini dilihat dari keterlibatan seluruh stakeholder di sana. Tujuannya meningkatkan kualitas keluarga yang ada dalam cakupan wilayah itu. Aspeknya mencakup kemandirian, ketenteraman, kebahagiaan. Semua itu dinilai dalam keluarga berkualitas.

Sebelum tim penilai melakukan tinjauan lapangan, tim penilai terlebih dahulu mendengarkan ekspos yang disampaikan Ketua Kampung KB Kubu Gadang, Noviendy, S.E. (*)

Penulis : Harris
Sumber : Kominfo PP

More from DAERAHMore posts in DAERAH »