Press "Enter" to skip to content

Diskominfo dan Awak Media Studi Banding Ke Provinsi Riau

Riau, wartapublika.com – Dinas Kominfo Padang Panjang bersama puluhan wartawan media cetak dan elektronik dari berbagai media pers yang bertugas di Kota Padang Panjang mengikuti studi banding ke Provinsi Riau pada hari Kamis (23/11) hingga Sabtu (26/11).

Kadis Kominfo Ampera Salim mengatakan, studi banding bertujuan untuk memperluas wawasan terkait dengan kerja bidang kehumasan dan kerjasama media dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di provinsi Riau, dan nantinya akan diterapkan di Dinas Kominfo Padang Panjang.

Kabupaten Kampar Provinsi Riau adalah daerah pertama yang dikunjungi. Rombongan yang dipimpin oleh Kadis Kominfo Ampera Salim ini disambut lansung oleh Penjabat (Pj) Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar, Irwan AR, beserta jajaran, Kamis (23/11).

Ampera mengungkapkan, dari kunjungan kerja tersebut banyak hal dan wawasan yang didapatkan, khususnya pembelajaran tentang hubungan baik antar media yang kami dapatkan di daerah yang berjulukan ” Bumi Sarimadu” tersebut.

” Bahkan seperti yang disampaikan Kadis Kominfo Kampar, pihaknya menggunakan aplikasi e-Wartawan dalam hal kerja sama dengan media, kita juga tertarik dengan kerja sama media melalui sistem aplikasi e-Wartawan yang dilakukan Pemkab Kampar,” ujarnya.

Disisi lain, Irwan AR mengucapkan selamat datang dan menyambut baik kunjungan yang dilakukan rombongan Padang Panjang ke Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

“Kita berharap kunjungan Dinas Kominfo Padang Panjang beserta awak media ini bisa saling bertukar informasi terkait kehumasan dan menjalin hubungan silaturahmi antara Padang Panjang, dengan Kampar,” ujarnya.

Kampar adalah sebuah wilayah kabupaten yang berada di provinsi Riau, Indonesia. Di samping julukan sebagai Bumi Sarimadu, Kampar juga dikenal dengan julukan Serambi Mekkah di provinsi Riau. Kabupaten ini memiliki luas 11.289,28 km² atau 12,26% dari luas provinsi Riau dan jumlah penduduk berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri tahun 2022 berjumlah 847.236 jiwa. Ibu kota Kampar berada di Bangkinang.

Kunjungan ke Dinas Kominfo Kota Pekan Baru.

Hari kedua, rombongan mengunjungi Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru. Berbeda dengan kunjungan ke Kampar, kunjungan ke Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru ini dipimpin lansung oleh Pj Walikota Sonny Budaya Putra.

Sebelum menuju Kantor Dinas Kominfo Kota Pekan Baru setelah shalat Jumat, Pj Walikota Sonny Budaya Putra menjamu rombongan awak media di Rumah Makan Bareh Solok, Kota Pekan Baru. Sebelum jamuan makan digelar, Pj Sonny Budaya Putra mengapresiasi awak media Padang Panjang.

Pj Walikota Sonny Budaya Putra berharap, kunjungan studi tiru dilakukan wartawan Padang Panjang ke Provinsi Riau menghasilkan  manfaat dan dapat dijadikan contoh, karena untuk maju kita harus perlu banyak belajar.

” Mudah mudahan,  dibawah komando Diskominfo  tahun depan kegiatan seperti  ini tetap teragenda,” ujar Sonny  Budaya Putra.

Sonny meningatkan kepada rombongan  agar selalu menjaga kekompakan dan saling komunikasi serta berharap studi banding ini menhasilkan banyak hal yang dapat dipetik terutama demi kemajuan Padang Panjang.

Kedatangan rombongan dari Padang Panjang disambut Asisten Administrasi Umum Setdako Pekanbaru, Samto, beserta Kepala Inspektorat, Iwan Simatupang dan Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian, Raja Hendra Saputra di ruang multimedia kominfo komplek perkantoran lantai 3 Kota Pekanbaru, Jumat (24/11)

Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, mengharapkan hubungan baik antara Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Provinsi Riau dan Pemko Padang Panjang dapat terus terjaga.

“Di samping ini kunjungan resmi, juga merupakan bagian dari silaturahmi antara kita badunsanak yang terletak di provinsi yang bertetanggaan dengan budaya yang tidak jauh berbeda. Semoga hubungan baik ini dapat terus terjaga,” katanya.

Sonny juga mengharapkan dengan adanya kunjungan ini bisa memberikan dampak positif khususnya dalam hal kemitraan dengan para awak media.

“Pemerintah dengan media ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Pemerintah Daerah butuh media sebagai partner penyambung informasi hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan dan program kota. Nantinya apa yang kiranya bagus (di sini) akan kita coba terapkan di Padang Panjang,” ucapnya.

Sementara Samto mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada rombongan dari Kota Padang Panjang di Tanah Bertuah.

“Silaturahmi ini merupakan momen yang sangat berharga bagi kami. Seperti kita ketahui, Pekanbaru dan Padang Panjang ini berada di provinsi yang bertetangga dan juga banyak orang  Sumatera Barat di sini,” ujarnya.

Samto berharap dengan adanya kunjungan ini hubungan baik antara Pemko Pekanbaru dengan Pemko Padang Panjang dapat terus terjaga,” harapnya.

Raja Hendra Saputra menambahkan, pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menegaskan bahwa di tahun 2023 ini, julukan Pekanbaru yang sebelumnya ‘Pekanbaru Kota Madani’ dikembalikan lagi ke ‘Pekanbaru Kota Bertuah’

Lanjutnya, untuk arti Bertuah itu sendiri sudah sangat bagus, dimana ‘BERTUAH’ itu singkatan dari Bersih, Tertib, Usaha Bersama, Aman, Harmonis.

Sementara itu, Kadis Kominfo Padang Panjang, Drs. Ampera Salim, S.H, M.Si mengungkapkan, studi tiru ini berkaitan dengan penyebarluasan informasi Pemerintah Daerah melalui media massa yang dilakukan Kominfo Pekanbaru.

“Banyak hal baik dan ilmu baru yang kita dapati lewat studi tiru ke Kominfo Pekanbaru. Khususnya dalam hal hubungan dan kerja sama dengan media. Semoga apa yang telah didapat ini bisa juga diterapkan di Padang Panjang,” tutupnya.(rifki/adek)

More from KHUSUSMore posts in KHUSUS »