Press "Enter" to skip to content

Yan Kas Bari : Kehadiran IPI Sangat Membantu Pustakawan

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan , Yan Kas Bari ( tengah )

Padang Panjang, wartapublika.com-Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Padang Panjang Periode 2023-2027 gelar Rapat Kerja (Raker) di Ruang Audio Visual Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Selasa (28/11).

Raker ini dibuka Kepala DPK, Yan Kas Bari, S.E didampingi Kepala Bidang Perpustakaan, Dra.Tuti Abdul Rajab. Rapat dipimpin Ketua IPI Padang Panjang, Azani Maizuar, S.IP, M.I.Kom.

Yan menyambut baik adanya IPI karena merupakan wadah organisasi bagi profesi pustakawan di Indonesia terutama untuk Padang Panjang.

“Kehadiran IPI akan sangat membantu pustakawan yang ada di DPK untuk bisa lebih baik memanfaatkan dan mengelola bahan pustaka agar dapat dimanfaatkan dengan baik pula oleh masyarakat,” katanya

Sementara Azani Maizuar menyampaikan, raker ini digelar guna mempersiapkan program kerja agar rencana strategis dapat disusun dengan baik dan terarah. Pada raker ini mengusung tema “Literasi Digital”.

Ditambahkan Azani, proses globalisasi diiringi dengan perkembangan teknologi, terutama teknologi informasi, kian pesat membuat kegiatan bertukar informasi menjadi kian cepat. Kemajuan teknologi informasi juga mempermudah orang-orang untuk berinteraksi dan berkomunikasi.

“Salah satu keterampilan untuk menanggapi dan menyesuaikan diri dengan era modern ini adalah literasi digital,” sebutnya.

Ditambahkannya, IPI akan jadi wadah bagi pustakawan dalam memanfaatkan teknologi informasi pada sosial media dan website. Pustakawan bisa menyalurkan bakat-bakat menulisnya seperti membuat artikel-artikel yang bermanfaat di “Mading Digital” yang akan difasilitasi IPI.

“Kita akan memfasilitasi para pustakawan yang memiliki bakat, baik itu membuat artikel, bercerita dan lainnya. Kita akan menjadi wadah bagi pustakawan untuk memanfaatkan sosial media,” katanya. (rilis/)