Press "Enter" to skip to content

Wawako Asrul Minta FKUB Tingkatkan Toleransi Beragama

PADANG PANJANG – Wakil Wali Kota, Drs. Asrul meminta seluruh anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk meningkatkan rasa toleransi dan saling menghormati sehingga tercipta hidup rukun antarpemeluk agama.

Hal itu disampaikannya dalam pertemuan dengan pengurus FKUB di ruang kerjanya di Balai Kota, Kamis (28/10). Asrul menyebutkan, sebagai forum masyarakat dan difasilitasi pemerintah guna membangun, memelihara, dan memberdayakan kerukunan umat beragama, FKUB sudah berjalan seperti seharusnya di Kota Padang Panjang.

“Saya mengapresiasi keberadaan dan peran serta FKUB yang sejak berdiri sampai sekarang masih solid dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama di Padang Panjang,” ucapnya.

Asrul yang juga pembina FKUB ini berharap, program kerja di FKUB betul-betul dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti mengadakan sosialisasi guna menjaga kerukunan.

Dalam kesempatan tersebut, Asrul juga berharap adanya peran FKUB di tengah kondisi pandemi Covid-19. Ia minta dukungan pengurus FKUB bersama anggota dan keluarga masing-masing untuk turut menyukseskan program pemerintah dalam percepatan vaksinasi di Kota Padang Panjang.

Ketua FKUB, H. Ade Sehabuddin, SH, M.Pd menyampaikan, pertemuan ini adalah pertemuan rutin tiga kali dalam setahun pengurus FKUB dengan ketua Dewan Pembina FKUB Padang Panjang.

“Sampai hari ini program yang ada di FKUB, tetap dijalankan berkat dorongan BPBD Kesbangpol dan Kantor Kementerian Agama Padang Panjang,” katanya.
Saat ini struktur organisasi FKUB terdiri dari 17 orang yang terdiri dari, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Kurang lebih 12 tahun, FKUB telah memberikan sumbangsih terhadap kerukunan umat beragama di Kota Padang Panjang yang multikultural, dengan kearifan lokalnya yang luar biasa.

Sementara itu, Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, S.STP, M.Si menyebutkan, kegiatan ini di samping koordinasi juga sebagai evaluasi serta sinergisitas FKUB dengan pemerintah kota. Pihaknya akan terus mendukung program FKUB walaupun di tengah refocusing anggaran karena pandemi.

“Kita di Padang Panjang masih terjalin kerukunan yang baik. Ini tentu tidak terlepas dari peranan FKUB,” ucapnya. (andes/adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.