Press "Enter" to skip to content

Wagub Audy Apresiasi Pojok Statistik Padang Panjang

Sumbar Canangkan Pembentukan Nagari Statistik

Padang , Warta Publika.Com-Upaya membangun capacity building dalam pengelolaan data statistik nagari, desa, atau Kelurahan di Sumatera Barat (Sumbar), Wakil Gubernur, Ir. Audy Joinaldy, SPt, MSc, MM, IPM, ASEAN.Eng bersama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Dr. Suhariyanto canangkan pembentukan Nagari/Desa/Kelurahan dan Kecamatan Statistik se-Sumbar.

Wagub Audy mengatakan, pencanangan ini dilakukan karena nagari, desa, atau kelurahan merupakan sumber data pertama kewilayahan yang direkapitulasi menjadi data kecamatan, kabutapaten/kota, provinsi sampai negara. Dan ini sudah dimulai sejak tahun 2019 sampai 2021 ini.

“Inovasi nagari statistik ini replikasi dan dikembangkan Dinas Komunikasi dan Informasi Statistik (Diskominfotik) Provinsi bekerja sama dengan BPS Provinsi. Sehingga sampai tahun 2020 sudah terbentuk 42 nagari statistik di Sumbar,” sebut Audy dalam acara di Auditorium Gubernuran, Jumat (28/5) yang dihadiri para kepala daerah, pejabat teras OPD Provinsi, kepala BPS Provinsi dan kabupaten/kota serta kepala Bappeda se-Sumbar.

Lebih lanjut Wagub Audy menyampaikan, pada tahun 2021 usulan pembentukan nagari statistik di Sumbar terus bertambah. Tercatat sebanyak 121 nagari/desa/kelurahan dan kecamatan yang diusulkan kabupaten/kota se-Sumbar. Secara kumulatif, total menjadi 163 nagari/desa/kelurahan.

Selain itu, Audy mengapresiasi inovasi pencanangan pembentukan nagari, desa atau kelurahan statistik di Sumbar. “Saya juga mengapresiasi Pojok Statistik di Kota Padang Panjang yang sudah diresmikan secara langsung oleh Kepala BPS RI,” timpalnya.

Sementara itu, Kepala BPS RI, Dr. Suhariyanto mengatakan, untuk mendukung kapasitas statistik sampai level desa. Tahun ini BPS lancarkan program 100 Desa Cinta Statistik atau yang disingkat “Desa Cantik”. Ini bertujuan agar masyarakat sadar pentingnya data, mampu mengelola data sesuai standar data, dan mampu memanfaatkan data untuk perencanaan pembangunan desa.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Panjang, Drs Asrul yang didampingi Kepala Bapedda, Rusdianto, S.IP, MM, Kepala Dinas Kominfo, Ampera Salim, SH, M.Si, dan Kepala BPS Padang Panjang, Arius Jonnaidi, SE, ME mengatakan, Padang Panjang optimis menjadi Kota Statistik pertama di Sumbar.

“Kami optimis Padang Panjang bisa menjadi Kota Statistik di Sumbar, dilihat dari luas wilayah, jumlah masyarakat, dan jumlah kelurahan serta dari pengembangan Pojok Statistik yang baru saja kita resmikan,” tuturnya. (dega/adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.