Press "Enter" to skip to content

TMMD Ke – 112, Lapas Solok Libatkan Personil Dan WBP

KABUPATEN SOLOK – Lapas Kelas II B Solok ikut serta berperan  mensukseskan Program TNI, Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-112 yang diadakan di Nagari Koto Sani dan Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

Program TNI AD ini berlansung dari tanggal 15 September  2021 dan ditutup pada tanggal 14 Oktober 2021. Acara penutupan digelar di Gedung Solok Indah,  Jumat (14/10)  dihadiri Kasrem 032/Wbr Kolonel Czi Arif Hartoto, Bupati Solok Epyardi Asda, dan Dandim Letkol Arm Reno Triambodo.

Kepala Lapas Solok Cahyo Untung membenarkan, selain dibantu masyarakat, program TNI AD yang berjalan dari 15 September sampai 14 Oktober,  Lapas Solok juga berperan aktif dengan melibatkan  40 orang Warga Binaan (WB)  dan 7 orang pegawai Lapas Solok setiap hari Senin dan Kamis.

Ditegaskan Cahyo Untung, warga binaan yang ikut  TMMD telah melalui sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) Lapas Solok dan telah memenuhi syarat administratif dan substantif untuk program pembinaan giat TMMD, ” Mereka dikawal oleh petugas Lapas dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ucapnya.

Dijelaskannya, kegiatan yang diikuti oleh warga binaan adalah pembangunan fisik berupa pembangunan jalan dan pembangunan irigasi. “ Mereka harus memiliki keterampilan dalam pertukangan yang diperoleh  dalam mengikuti program pembinaan kemandirian di dalam Lapas,”tutur Untung.

Disebutkan Cahyo Untung, keikutsertaan Lapas Solok dalam  kegiatan TMMD ini, merupakan sebagai wujud sinergitas dengan Kodim 0309/ Solok yang terjalin baik dan diharapkan WB dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan masyarakat di luar Lapas dan mengaktualisasikan apa yang telah mereka dapat dalam pembinaan di Lapas.

Disampaikan Untung, Kakanwil Kemenkumham Sumbar,  Andika Dwi Prasetya memberikan dukungan penuh kepada Lapas Solok untuk berpartisipasi dalam kegiatan TMMD ke-112 di Kabupaten Solok. ” Selain itu, Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat juga ikut berpartisipasi dalam TMMD di Kabupaten Solok ini dengan menyumbang 100 sak semen,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, keikutsertaan Lapas Solok dalam giat TMMD ini sebagai wujud sinergitas dengan Kodim 0309 yang terjalin baik.Kegiatan ini diharapkan warga binaan dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan masyarakat di luar Lapas dan mengaktualisasikan apa yang telah mereka dapat dalam pembinaan di Lapas.

“Dengan mengikutsertakan program pembinaan bagi warga binaan, sehingga nantinya berguna untuk masyarakat, bangsa dan negara dan dapat berperan aktif dalam pembangunan dan tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum lagi,”ucapnya kepada wartapublika.com, Minggu (17/10/21) via WhatsApp

Untung menyebutkan, pada kesempatan tersebut  Bupati Solok Epyardi Asda juga memberikan apresiasi kepada Lapas Solok yang telah ikut berperan dalam kegiatan TMMD dan berharap ikut serta pada kegiatan sosial lainya di kabupaten Solok.

“Bapak Bupati Solok juga berharap untuk ke depannya Lapas Solok juga bisa ikut serta dalam kegiatan sosial yang lainnya. Dan kami dari Lapas Solok juga mengucapkan terima kasih telah turut serta dalam kegiatan TMMD ke-112 di Kabupaten Solok,” terang Untung ( adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.