Press "Enter" to skip to content

Tinggalkan Mereka yang Tidak Serius, Terus Bergerak dengan Jadwal yang Padat

Catatan Dr Aqua Dwipayana

Selama pandemi Covid-19 dua tahun terakhir jadwal saya padat sekali. Bahkan terkadang hari libur, masih ada agenda. Utamanya Sharing Komunikasi dan Motivasi serta silaturahim.

Saya dengan penuh suka cita melaksanakan semua kegiatan itu. Meniatkan sepenuhnya ibadah, semata-mata karena TUHAN, bukan yang lain.

Karena niatnya ibadah sehingga melakukannya sama sekali tidak ada beban. Bahkan saya sering merasakan mendapat energi tambahan dari TUHAN. Hal itu saya buktikan sendiri.

Salah satu contohnya melaksanakan kegiatan mulai dini hari hingga larut malam. Ketemu banyak orang di berbagai kota. Dalam sehari bisa hingga empat daerah. Bahkan pernah lima tempat dan lebih dari itu.

Contoh yang lain adalah memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Dalam sehari bisa empat sampai lima sesi. Dari pagi sampai malam.

Makin Produktif
Begitu acaranya selesai, tidak langsung istirahat. Masih lanjut melaksanakan silaturahim. Rasanya sayang sudah berada di satu tempat jika tidak menemui saudara dan teman-teman yang tinggal di sana. Meskipun pertemuannya hanya sebentar.

Selama pandemi Covid-19 ini saya merasakan makin produktif. Tambah banyak orang yang perlu ditemui. Umumnya mereka membutuhkan motivasi agar tetap semangat meski situasi dan kondisinya sulit.

Jadi silaturahim yang saya lakukan tidak sekedar ketemu seseorang atau banyak orang. Namun memberikan penguatan agar mereka tetap bergairah menjalani hidup ini.

Alhamdulillah banyak yang termotivasi. Ada yang menyampaikannya secara langsung. Sebagian terlihat dari ekspresi wajah dan komunikasinya baik lisan maupun tulisan.

Begitu banyaknya yang harus dilakukan sehingga selama pandemi Covid-19 waktu yang ada terasa kurang. Jadi harus pintar-pintar mengelolanya sehingga banyak yang bisa “disentuh” dan merasakan manfaatnya.

Batalkan Undangan
Di sisi lain ada beberapa pihak meski tidak banyak, yang terkesan tidak serius saat mengundang saya untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Saat berkomunikasi mereka menunjukkan keseriusan, namun tidak diimbangi dengan persiapan yang optimal.

Karena jadwal saya lumayan padat, semakin hari daftar tunggunya makin banyak, sehingga saya dengan tegas dan sama sekali tidak ragu membatalkan undangan mereka. Tentunya diiringi dengan permohonan maaf dan alasan saya melakukan itu.

Ketegasan sikap itu harus saya lakukan. Sekaligus pembelajaran buat mereka agar jika mengundang seseorang untuk mengisi acara, tidak cukup hanya mengandalkan semangat saja.

Paling utama adalah persiapan dan saat acaranya. Itu dapat dirasakan dan dilihat secara langsung ketika berkomunikasi dengan panitia.

Selama persiapan menjelang pelaksanaan acara, perlu komunikasi yang lancar termasuk dalam pengiriman semua data yang dibutuhkan. Kemudian rutin menginformasikan perkembangannya.

Biasanya kelancaran komunikasi sangat menentukan keberhasilan dalam pelaksanaan acaranya. Begitu komunikasinya tidak lancar, itu tanda-tanda bakal ada masalah. Jika dipaksakan bakal tidak sukses kegiatannya.

Pengalaman lainnya jika pihak pengundang memonopoli persiapannya hanya pada satu orang saja. Tidak berbagi tugas pada yang lain. Padahal untuk keberhasilan acaranya kekompakkan tim menjadi sangat penting dan utama.

Karena niat saya berbagi melalui acara Sharing Komunikasi dan Motivasi sepenuhnya ibadah sehingga ketegasan sikap tersebut saya lakukan tanpa beban.  Sama sekali tidak ragu meninggalkan mereka yang tidak serius. Saya terus bergerak dengan jadwal yang padat.

Pandemi Covid-19 belum tahu kapan berakhirnya. Saya tidak ingin kehilangan momentum untuk terus berbagi pada sebanyak-banyaknya orang yang membutuhkannya.

Saya sangat menyadari bahwa semua aktivitas positif itu merupakan kebaikan TUHAN memberikan lahan ibadah yang sangat luas pada saya dan keluarga. Alhamdulillah…

Semoga ke depan semakin banyak orang yang bisa saya bantu. Sekaligus menyalurkan rezeki dari TUHAN yang disampaikan melalui saya. Aamiin ya robbal aalamiin…

Dari Bogor saya ucapkan selamat membantu sesama secara optimal dengan ikhlas. Salam hormat buat keluarga. 12.15 29012022😃🇮🇩<<<