Press "Enter" to skip to content

Tanah Datar Kembali Raih Raih Opini WTP, Sembilan Kali Berturut-Turut

WARTA PUBLIKA.COM– Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut berhasil diraih Kabupaten Tanah Datar,

Apresiasi dalam pengelolaan keuangan dan aset tahun anggaran 2020 ini disampaikan Kepala Perwakilan BPK RI Sumbar Yusnadewi, Rabu (05/05/2021), di ruangan pertemuan Gedung BPK Perwakilan Sumbar di Padang secara virtual.

Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Plh Sekda Edi Susanto, Kepala BKD Adrion Nurdal, Plt. Inspektur Desi Rima dan jajaran terkait mengikuti dari Gedung Indo Jolito sementara Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu dari Gedung DPRD.

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan rasa syukur dan apresiasi dengan capaian tersebut, Alhamdulillah di bulan yang berkah kita memperoleh opini WTP, terima kasih kepada DPRD, BKD, seluruh perangkat daerah, walinagari, secara proaktif, menunjukkan komitmen dan kerjasama yang baik saat dilakukan pemeriksaan oleh auditor BPK.

” Dan juga terima kasih kepada partai politik dan orgasasi kemasyarakatan yang bisa menunjukkan pertanggungjawaban keuangan dengan baik. Ini buah kerja sama dan komitmen yang kuat, kita kembali meraih WTP untuk ke-9 kalinya,” ujarnya

Opini pertama diraih pada tahun 2009 dan dapat kita pertahankan untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut dari 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020 ini,” ungkap bupati

“Ini tugas berat bagi saya ke depannya untuk mempertahankannya dan saya berharap selama kepemimpinan kani bersama wakil bupati, pengelolaan keuangan berjalan baik dan akuntabel. Untuk itu saya minta kerjasama dan koordinasi yang baik selama ini bisa terus dipertahankan,” harapnya

Bupati juga sampaikan sebagai kepala daerah yang baru dilantik tugasnya bisa mempertahankan capaian ini, tentunya butuh bimbingan, masukan, dan saran BPK beserta seluruh jajaran serta atas penekanan yang disampaikan BPK RI akan segera ditindak lanjuti sebelum batas waktu yang diberikan.

“Terima kasih kepada BPK atas bimbingan dan masukannya, semoga opini WTP menjadi berkah bagi semua dan semangat bagi kami menjadikan Tanah Datar lebih baik ke depannya,” harapnya.

Senada dengan itu Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BPK beserta tim pemeriksa yang telah melaksanakan tugas lebih kurang 2 bulan.

“Atas nama pimpinan DPRD dan seluruh anggota kami menyampaikan terima kasih kepada BPK, semoga tugas yang sudah dilaksanakan tersebut menjadi amal di sisi Allah SWT,” sampainya

Rony Mulyadi katakan salah satu tugas DPRD adalah melakukan pengawasan terhadap tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh BPK dan melakukan pembahasan hasil pelaporan BPK tersebut dalam sidang DPRD. ‘Kita akan segera menindaklanjutinya bersama pemerintah daerah sesuai penekanan dari BPK,” ungkap Rony.

Sebelumnya Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Yusnadewi menyampaikan Tanah Datar bersama Kota Payakumbuh dan Kota Bukittinggi pada kesempatan yang sama memperoleh opini WTP.

“Tanah Datar menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2020 pada tanggal 5 Maret 2021 sebelum batas akhir, kami apresiasi ini. Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, tim pemeriksa telah menyelesaikan laporan tepat waktu dan Alhamdulillah hari ini bisa disampaikan kepada bupati/walikota dan DPRD untuk selanjutnya ditindak lanjuti diajukan sebagai Rancangan Peraturan Daerah tentang pertanggung jawaban APBD,” ungkapnya.

Opini yang diberikan jelas Yusnadewi didasarkan kepada kepatuhan pada peraturan perundang-undangan, entitas pengendalian internal dan penerapan standar akuntansi pemerintahan.

Yusnadewi juga memujikan kinerja Pemkab Tanah Datar dalam mengelola keuangan dan aset daerah. Apalagi, ujarnya, meraih sembilan kali opini WTP secara berturut-turut, membuktikan komitmen upaya nyata pemerintah daerah dengan DPRD untuk terus mendorong perbaikan pengelolaan keuangan daerah dan praktek-praktek baik pengelolaan keuangan di Tanah Datar. “Semoga terus memperoleh WTP dan tidak turun-turun,” sampainya.

Yusnadewi juga berharap Pemkab Tanah Datar semakin meningkat capaian penyelesaian tindak lanjut rekomendasi BPK. (*/adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.