Press "Enter" to skip to content

Rupajang, Rutan Pertama Raih Sertifikasi Halal MUI

PADANG PANJANG – Memberikan pelayanan terbaik kepada warga binaan menjadi tujuan utama Kepala Rutan Kelas II B Padang Panjang, Rudi Kristiawan. Semenjak menjabat Karutan Rupajang (Rutan Padang Panjang- red) AKIP 43 ini menelorkan bermacam ide dengan inovasi-inovasi baru yang belum pernah dilakukan Rutan lainya di Sumatera Barat, bahkan boleh dibilang di Indonesia sekalipun.

Pada bulan April 2021 lalu, Rudi mengusahakan Klinik Kesehatan Rutan Padang Panjang mendapatkan ijin operasional klinik dan Sertifikasi Layak Higienis Makanan dari dapur Rupajang (Rutan Padang Panjang, red), kini Rutan Padang Panjang menerima Sertifikasi Halal MUI terhadap makanan yang dimasak pihak Rupajang setiap harinya yang dibagikan kepada 152 WBP.

Rudi mengusulkan pengurusan sertifikasi ini sejak bulan februari lalu setelah pengurusan Sertifikasi Layak Higienis terbit dari Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang. Setelah melalui berbagai proses yang panjang terkait syarat wajib yang harus dipenuhi oleh Dapur Rupajang serta Sidang Komisi Fatwa MUI maka keluarlah Sertifikasi Halal MUI dari LPPOM MUI Sumatera Barat.

” Insya Allah ini menjadi yang pertama dilakukan oleh UPT Pemasyarakatan di Provinsi Sumatera Barat ini. Bisa jadi juga seluruh Indonesia. Kalau sertifikasi Layak Higienis mungkin sudah banyak ya, tapi untuk Halal MUI ini kami belum pernah dengar sebelumnya, ” terang Rudi.

Rudi menambahkan, pihaknya akan berusaha dan bertekad memberikan ide ide yang baru dan positif bagi UPT Pemasyarakatan se Indonesia dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.” Ini salah satu bukti nyata bahwa makanan yang kami diberikan kepada WBP benar-benar layak, sehat, cukup gizi dan Halal tentunya.” tegas Rudi.

Yan Heriyandi, salah seorang Tim Survey dari LPPOM MUI mengakui selama ini baru Rupajang yang pertama kali mengajukan sertifikasi Halal MUI dan berharap inovasi dari Karutan Padang Panjang Rudi Kristiawan ini bisa di contoh oleh UPT lainnya.

Melihat gebrakan pelayanan Rupajang tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat R. Andhika Dwi Prasetya beserta Kadivpas menyampaikan apresiasi atas kinerja Jajaran Rupajang saat ini.

“Ini saya kira salah satu wujud nyata Kemenkumham berusaha memberikan pelayanan yang luar biasa kepada masyarakat. Terimakasih Karutan Padang Panjang Rudi Kristiawan, ” ujar R. Andhika Dwi Prasetya melalui Rudi kepada wartapublika, Senin (31/8/2021).

R. Andhika Dwi Prasetya menegaskan akan menginstruksikan kepada Kalapas, Karutan, Ka.LPKA Kanwil Sumatera Barat untuk segera mengikuti jejak Rupajang dan harapan saya Sumatera Barat bisa menjadi tauladan yang baik kepada UPT Pemasyarakatan di Provinsi yang lain dalam pelayanan pemberian makanan kepada WBP ,” Mari kita wujudkan Tahun 2021 ini adalah Tahun Prestasi bagi Kemenkumham Sumatera Barat,” tegas R. Andhika.(adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.