Press "Enter" to skip to content

Pojok Medis Rupajang, Inovasi Pelayanan Kesehatan Rutan Padang Panjang.

PADANG PANJANG – Berbagai macam jenis inovasi telah dicetuskan dan dilakukan Kepala Rutan Padang Panjang Rudi Kristiawan guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa layanan Rutan Padang Panjang yaitu Masyarakat dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Baru-baru ini Rutan Padang Panjang (Rupajang, red) membuat gebrakan dibidang kesehatan dengan inovasi layanan kesehatan yang diberi nama   “Pojok Medis Rupajang”.

” Ini adalah suatu layanan dimana Petugas Medis Rutan Padang Panjang juga memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat umum, pengunjung WBP dan Petugas, ” ujar Karutan Rudi Kristiawan, kepada wartapublika.com, Senin (8/11/21).

Diterangkan Rudi, bentuk layanan kesehatan yang diberikan yakni Pemeriksaan Kesehatan Dasar, Pemberian Masker Vitamin untuk meningkatkan imun tubuh yang wajib diminum di tempat serta pengecekan suhu juga.

“Ide membuat Pojok Medis Rupajang ini awalnya diinisiasi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat  R. Andhika Dwi Prasetya, ” tutur alumni Akip 43 ini dan mengaku lansung melaksanakan perintah Kakanwil Kemenkumham Sumbar itu.

Dijelaskan Rudi, setelah mendapat masukan dan perintah dari Kakanwil, saya langsung melaksanakan perintah itu dan mengkonsep pelayanan yang akan diberikan,’ Alhamdulillah  masyarakat Padang Panjang sudah bisa menikmati Pojok Medis Rupajang,” ujarnya.

Pojok Medis Rupajang berada di depan menjelang masuk kantor Rupajang, walaupun pun tempatnya cukup minimalis namun fungsinya sangat bermanfaat bagi orang banyak dan telah di buka pad hari Rabu 3 November 2021 lalu, ada dokter dan perawat kita yang setiap hari Senin s/d Kamis mulai pukul 10.00 WIB s/d pukul 12.00 WIB melayani masyarakat.

” Selain cek kesehatan, masyarakat juga kami persilahkan untuk minum vitamin untuk menjaga imunitas tubuhnya supaya terhindar dari virus covid-19, pelayanan ini juga sifatnya gratis tidak dipungut biaya apapun, ” aku Rudi

Pihaknya menyampaikan bahwa ini bentuk kepedulian Kementerian Hukum dan HAM RI yang diwakili oleh Rutan Padang Panjang memberikan pelayanan kesehatan dan berkontribusi positif kepada masyarakat umum.

Sejak Pojok Medis Rupajang dibuka, sedikitnya setiap hari 25 warga masyarakat umum kota padang panjang yang terdiri dari pengunjung dan masyarakat telah memeriksakan kesehatannya pada dokter Klinik Rupajang.

Kehadiran Pojok Medis Rupajang mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenkum Sumbar R. Andhika. Apresiasi ini disampaikan R. Andhika saat melihat langsung pelayanan Pojok Medis Rupajang, Kamis (4/11/21) lalu.

Lulusan AKIP 23 ini mengapresiasi Karutan Padang Panjang, dan ucapkan terimakasih atas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dan berharap Rupajang melayani masyarakat dengan baik dan maksimal.

R.Andhika menginginkan inovasi ini dapat menjadi contoh bagi UPT Pemasyarakatan yang lain supaya bisa ikut berkontribusi aktif juga untuk kesehatan masyarakat, apa lagi R. Andhika melihat lansung peran Nakes Rupajang Padang Vaksinasi Covid – 19 di Polres Padang Panjang. ( adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.