Press "Enter" to skip to content

Pertama di Indonesia, KPU Sumbar Gelar Jambore Demokrasi di Padang Panjang

Padang Panjang, wartapublika.com-Guna meningkatkan partisipasi pemilih di Sumatera Barat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat gelar Jambore Demokrasi di Minang Fantasi (Mifan) Waterpark, Kamis (9/5/2024).

Kegiatan diawali dengan upacara Jambore Demokrasi yang dipimpin Ketua Divisi Teknis Pemilu KPU RI, Idham Holik. Diikuti Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen dan anggota, Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Forkopimda, kepala OPD, jajaran KPU Padang Panjang dan KPU 18 kabupaten/kota lainnya, serta 500 pelajar dan pendamping.

Idham Holik mengapresiasi atas gagasan pelaksanaan kegiatan jambore ini karena pertama kali diadakan di Indonesia, dan banyak manfaatnya.

“Kegiatan seperti inilah yang akan memberikan kontribus besar bagi kita, karena partisipasi pemilih pemula ini benar-benar sangat berpengaruh terhadap pemilu maupun pilkada,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, tahun ini adalah tahun yang bersejarah karena diadakan pilkada serentak secara nasional. Sebagai generasi muda, peserta berkewajiban ikut berpartisipasi dan terus belajar tentang demokrasi.

“Mereka harus dari sekarang belajar demokrasi karena mereka akan jadi generasi penerus dan harus memahami pentingnya demokrasi di Indonesia. Jika mereka telah memahami, tentu partisipasi pemilih kita ke depan akan meningkat,” katanya.

Idham berharap agar para peserta mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Pelajari dan laksanakan pada saat pemilihan nanti.

“Para peserta semua adalah pemilih pemula dan semuanya akan diberikan dan dibekali ilmu tentang demokrasi,” ajaknya.

Hal senada juga disampaikan Surya Efitrimen. Partisipasi pemilu maupun pilkada akan lebih meningkat apabila pemilih pemula juga ikut berpartisipasi aktif di dalamnya.

Pihaknya menyelenggarakan kegiatan ini agar pemilih pemula mengetahui dan dibekali sejak dini ilmu tentang demokrasi.

“Kita berharap setelah kegiatan ini para pemilih pemula bisa berpartisipasi dalam pilkada. Sehingga persentase partisipasi hak pilih di Sumbar ini juga meningkat,” harapnya.

Sementara itu Pj Wako Sonny mengucapkan terima kasih atas kepercayaan KPU Sumbar yang memilih Kota Serambi Mekkah ini sebagai lokasi pelaksanaan jambore.

“Ini sebuah kehormatan bagi Padang Panjang, terlebih Jambore Demokrasi ini merupakan yang pertama di Indonesia,” ungkap Sonny ysng juga menjabat Ka Kwarcab Padang Panjang.

Ia juga menyampaikan agar para peserta benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan baik, pelajari ilmunya dan aplikasikan nanti saat pilkada.

“Ayo kita sukseskan Pilkada Serentak di Sumbar ini. Tingkatkan partisipasi pemilih,” ajaknya.

Di akhir kegiatan,  rombongan menyempatkan diri untuk meninjau lokasi tenda dan penginapan para peserta. (adek/cg)