Press "Enter" to skip to content

Peringati HUT ke-22, Baznas Gelar Khatam Al Qur’an 30 Juz

Padang Panjang, wartapublika.com -Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ke-22, Baznas Kota Padang Panjang bersama Forum MDTA, TPQ dan LDS menggelar Khatam Al Qur’an 30 Juz, Senin (16/1) di Masjid Tauhid Pasar Baru.

Kegiatan yang diikuti 60 santri utusan MDTA dan TPQ se-Kota Padang Panjang itu dibuka Kakan Kemenag yang diwakili Kasi Pendipontren, H. Syaiful Arifin. Turut hadir Kadis Sosial PPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si, Kasubag Keagamaan Bagian Kesra Setdako, Setra Efendi, lurah Pasar Baru dan Pasar Usang, Ketua Baznas Syamsuarni, S.Ag beserta seluruh unsur pimpinan, serta undangan lainnya.

Syamsuarni mengatakan, Khatam Al Qur’an 30 Juz merupakan salah satu acara dalam memperingati HUT Baznas. Acara serupa juga diadakan di Baznas RI, Baznas provinsi serta kabupaten/kota se-Indonesia.

“Selain untuk syiar Baznas, kegiatan ini diadakan untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap Al Qur’an. Terima kasih kepada Forum MDTA, TPQ dan LDS yang telah membantu kita menggelar kegiatan ini,” katanya.

Syamsuarni meminta kepada seluruh peserta dan guru-guru pendamping maupun orang tua mendoakan seluruh pimpinan Baznas dan amil pelaksana agar selalu istiqomah dan lurus dalam menjalankan amanah.

“Amanah yang kami pikul ini sangatlah berat. Kami harus mempertanggungjawabkannya di akhirat nanti, bukan hanya di dunia. Semoga dengan doa ananda dan para ustadz/ustadzah semua, kami bisa menjalankan amanah ini dengan istiqomah,” ucapnya.

Sementara Syaiful Arifin berharap Baznas akan semakin dipercayai muzakki maupun mustahik.

Ia mengapresiasi kegiatan khatam ini. Dari 8 asnaf mustahik, salah satunya adalah fisabilillah. Orang yang mempelajari dan menghafal Al Qur’an termasuk kelompok fisabilillah.

“Pada November 2022 lalu, Baznas Padang Panjang juga menggelar Anugerah Hafizh. Ini menunjukan Baznas punya perhatian besar terhadap kelompok fisabilillah. Harapan kita, asnaf yang lainnya juga mendapatkan perhatian yang sama,” katanya.

Apresiasi dan dukungan juga disampaikan Setra Efendi. Ia juga berharap, ke depan saat ulang tahun, Baznas juga memberikan apresiasi kepada para muzakki.

Selain Khatam Al Qur’an 30 Juz, pada saat bersamaan diserahkan bantuan kepada lima orang mustahik. Satu di antaranya untuk biaya berobat, satu orang untuk pembelian alat bantu dengar. (rilis)

Comments are closed.