Press "Enter" to skip to content

Pemko akan Fasilitasi Salat Gerhana Bulan di Islamic Center

Islamic Center Padang Panjang

Padang Panjang,wartapublika.com- Pemerintah Kota akan memfasilitasi bagi masyarakat yang akan melaksanakan Salat Gerhana Bulan (Khusuf) di Islamic Center pada Jumat (5/5) malam. Salat dilaksanakan menyusul bakal terjadinya gerhana bulan penumbra pada saat itu.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako, Erwina Agreni, M.Si , Kamis (4/5).

Gerhana bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semua sampai ke bulan. Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan, hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasion Geofisika Kelas 1 Padang Panjang akan melakukan pengamatan gerhana bulan penumbra pada Jumat-Sabtu, 5-6 Mei pukul 21.30 hingga 03.00 WIB di Komplek Islamic Center.

“Umat Islam juga disyariatkan untuk melamsanakan Salat Khusuf setiap kali gerhana bulan terjadi. Sesuai dengan permintaan dari Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang, kita memfasilitasi salat ini di Islamic Center pada pukul 23.00 WIB,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin melaksanakan Salat Khusuf untuk dapat mendatangi Islamic Center pada Jumat malam pukul 23.00 WIB dan sekaligus melihat langsung pengamatan yang dilakukan BMKG.

“Hasil pengamatan dari BMKG ini nantinya akan langsung disiarkan mereka,” tuturnya.(*)

Sumber : Kominfo PP.