Press "Enter" to skip to content

Pegiat Literasi Gelar Pertemuan, Kominfo Paparkan Program KIM

PADANG PANJANG– Melihat dan memantau perkembangan Taman Baca Masyarakat (TBM) yang ada saat ini, Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kota Padang Panjang adakan pertemuan pegiat literasi, Rabu (8/9) di Perpustakaan Gumala Kreatif, Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur.

Kegiatan turut didampingi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ketua FTBM, Yandri Armaika, S.St mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda bulanan yang bertujuan untuk silahturahmi TBM se-Kota Padang Panjang dan juga sekaligus membahas apa-apa saja program atau permasalahan yang harus diselesaikan pada masing-masing TBM.

Dikatakannya lagi, pertemuan ini diikuti 12 perwakilan TBM di Padang Panjang. Dengan pertemuan yang dilakukan, dia berharap makna literasi dapat tersirat kepada pegiat-pegiat literasi, dan menjadikan Kota Panjang Panjang menjadi Kota Literasi yang baik.

Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo, Yuliati Desi Putri, S.Pt berkesempatan memaparkan Program Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). “KIM adalah kelompok yang dibentuk masyarakat, dari masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah,” jelasnya.

Yuli mengatakan, KIM berperan sebagai fasilitator bagi masyarakat, sebagai mitra pemeritah daerah, sebagai penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat, sebagai pelancar arus informasi, dan sebagai terminal informasi bagi masyarakat.

“KIM diharapkan dapat memilah dan menyebarkan informasi yang benar, seperti informasi kebijakan pemerintahan, berita tentang keberhasilan anak bangsa, dan informasi hal-hal unik dan baik yang berada di sekitar kita yang layak untuk disebarluaskan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan DPK, Dra. Tuti Abdul Rajab, MM menyampaikan, pihaknya akan terus memperhatikan apa-apa saja yang nantinya menjadi kendala atau permasalahan yang dapat mengganggu perkembangan TBM di Kota Padang Panjang.

“Ke depannya, kami dari DPK dan juga bersama Kominfo akan turun ke lapangan meninjau langsung keadaan dan perkembangan TBM yang ada di Kota Padang Panjang, dan juga berinteraksi langsung dengan pegiat-pegiat literasi,” ucapnya. (dega)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.