Press "Enter" to skip to content

Musrenbang Nagari Limo Kaum Digelar

TANAH DATAR- Nagari Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyepakati rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022 dan DU RKP tahun 2023, yang dibuka Wali Nagari Limo Kaum Gusrial dan dilaksanakan di Aula Kantor Nagari setempat, Selasa (21/9/21).

Acara Musrenbang ini tanpa dihadiri anggota DPRD Tanah Datar Dapil 2 karena lagi mengikuti kunjungan kerja, dan acara ini turut dihadiri Sekretaris Dinas PMDPPKB Herison, Sekretaris Camat Lima Kaum beserta Forkopimca, Ketua KAN, BPRN, Wali Jorong, Ninik Mamak, Bundo Kandung, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Sekretaris PMDPPKB Herison dalam sambutannya sampaikan, tujuan Musrenbang Nagari yaitu untuk menyepakati prioritas kebutuhan dan kegiatan Nagari yang menjadi bahan penyusunan rencana kerja Nagari, menetapkan prioritas kegiatan yang akan dibiayai oleh APB Nagari, menetapkan prioritas yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan yang akan dibiayai oleh APBD Kabupaten, Provinsi dan APBN, dan menyepakati tim delegasi Nagari di Musrenbang Kecamatan.

Herison tambahkan, Musyawarah Nagari (Musnag) yang telah dilaksanakan bulan Juli lalu, merupakan dasar atas pelaksanaan Musrenbang hari ini. “Seluruh usulan kegiatan yang telah dirumuskan pada Musnag yang lalu, harus ditentukan kegiatan apa saja yang masuk dalam daftar usulan kerja pemerintah Nagari,” sampai Sekretaris PMDPPKB.

Sebelumnya Wali Nagari Limo Kaum Gusrial yang membuka acara Musrenbang ini katakan, penggunaan dana desa tahun 2022 merupakan untuk program kegiatan percepatan pencapaian pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, prioritas nasional sesuai kewenangan desa, serta mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam.

Selanjutnya pemulihan ekonomi termasuk penanganan Covid-19, dalam bentuk bantuan langsung tunai dari dana desa, kegiatan-kegiatan padat karya tunai yang harus kita laksanakan. Peningkatan SDM melalui pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan, aparatur dan masyarakat. Peningkatan ekonomi masyarakat melalui kegiatan ekonomi kreatif dengan mengedepankan sumber daya pemuda, dengan mengadakan pelatihan dalam rangka pembangunan ekonomi kreatif.

“Insya Allah Oktober 2021 kita telah menetapkan dana kerja pemerintah Nagari tahun 2022, sebagai pedoman dalam penyusunan APB Nagari tahun 2022,” pungkas Gusrial. (adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.