Press "Enter" to skip to content
Walikota Fadly Amran

Meriah, Grand Opening MTQ ke-39 Tingkat Sumatera Barat Di Padang Panjang

PADANG PANJANG – Meriah dan sukses, tidak ada salahnya ungkapan ini disampaikan kepada Kota Padang Panjang, sebagai penyelenggara Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ ) Nasional ke -39 Tahun 2021 tingkat Sumatera Barat.

Meski ditengah- tengah pandemi Covid -19 melanda negeri ini, namun kota kecil yang dipimpin walikota Fadly Amran dan wakil walikota Asrul ini mampu menjadikan pembukaan ajang festival Islam tingkat Sumatera Barat itu berjalan dengan aman dan lancar.

Ribuan masyarakat Padang Panjang dan sekitarnya bahkan dari luar daerah tak ketinggalan menghadiri pembukaan MTQ yang paling bergengsi ini, ajang yang pernah digelar di Padang Panjang pada tahun 1985 lalu.

Walikota Padang Panjang Fadly Amran mengapresiasi kehadiran Dirjen Bimas Kementrian Agama RI yang berkesempatan hadir dan membuka MTQ Nasional ke -39 tingkat Sumatera Barat di Padang Panjang, Sabtu (13/11) di GOR Bancah Laweh.

Fadly Amran yakin melalui MTQ yang bermarwah dan bermartabat akan lahir calon pemimpin yang memiliki akhlak yang Qur’ani, karena MTQ tidak hanya sebagai lomba membaca Alqur’an namun lebih kepada memaknai nilai-nilai yang terkandung dalam ayat suci Alquran.

Fadly Amran juga mengklaim MTQ ke 39 tingkat Sumatera Barat ini paling meriah, bagimana tidak ramainya pengunjung acara pembukaan tidak hanya dihadiri ratusan peserta MTQ saja, kehadiran puluhan ribu warga Padang Panjang menjadikan gelaran Pembukaan Acara MTQ ini sangat sukses.

“Suksesnya acara ini dari awal sampai akhir nantinya tentu berkat dukungan semua pihak, yang bekerja dengan ikhlas dan suka cita yang tinggi,” ujar Walikota Fadly Amran, seraya menyebutkan MTQ ke Padang Panjang tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat.

Fadly Amran mengatakan selama sepekan kedepan ayat-ayat suci Al-Qur’an akan berkumandang dan syiar -syiar Islam akan bergema di bumi Padang Panjang, ” Kami semata-mata mengharapkan ridho dari Allah SWT, masukan dan saran tetap kami harapak agar acara ini berjalan lancar,” tukas Fadly.

Gubernur Mahyeldi Ansyarullah

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah berharap MTQ bukan hanya perlombaan saja, namun bagaimana MTQ dijadikan sebagai momentum untuk mengamalkan Al-Qur’an. Kemudian merubah pola pikir dan karakter dari sempit ke pola pikir yang lebih maju.

Disamping itu kata Mahyeldi, MTQ diharapkan melahirkan generasi yang memiliki catatan spritual dengan nilai persatuan, ” Suksesnya acara ini tentu berkat dukungan semua pihak, begitu juga membangun Sumatera Barat, persatuan, kerja keras sangat memberikan kesungguhan serta nilai kerja cerdas,” ujar Mahyeldi.

Kemeriahan acara pembukaan MTQ ke 39 ini membuat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Prof Phil Kamarudin Amin terkesima dan kagum dengan antusias masyarakat dan mengapresiasi walikota Padang Panjang Fadly Amran. “Dari lubuk hati, saya sangat bangga, terharu, terkagum dan terkesima sekali atas penyelenggaraan MTQ di Padang Panjang. Masyarakat yang datang juga sangat antusias,” ujarnya

Dirjen Bimas Kemenag RI Kamarudin Amin

Dirjen Bimas Kemenag ini mengapresiasi walikota Fadly Amran dan jajaran telah mempersiapkan acara tersebut dengan sangat matang, sehingga menjadi sempurna, bahkan dia mengaku bangga hadir di kota Padang Panjang Saya bangga hadir pada pembukaan MTQ ke-39 Kota Padang Panjang.

Ketua umum LPTQ Nasional itu juga berharap penyelenggaraan MTQ 2021 dengan tema “Dengan MTQ Kita Wujudkan Masyarakat Sumbar yang Qur’ani, bermarwah dan bermartabat” ini hendaknya tidak hanya mencari juara di setiap cabang perlombaan, akan tetapi lebih jauh dari itu menciptakan generasi yang berakhlakul karimah dan berkualitas.

“Penyelenggaraan MTQ ini diharapkan mampu membentuk manusia yang berkualitas, yaitu manusia yang berperilaku, bekerja dan bermasyarakat serta senantiasa condong ke jalan yang lurus dan mendekatkan masyarakat dengan Al Qur’an dan memaknai isi kitab Al Qur’an,” katanya.

Pemukulan Gandang Tasa , Tanda dimulainya MTQ ke-39

Ia juga berpesan proses penyelenggaraan MTQ ini agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) di segala lini. Untuk itu para panitia, kafilah, peserta dan para kontingen agar tetap menerapkan prokes. Jangan sampai kendor dengan prokes yang berlaku.

“Mari kita semua berkomitmen dan memiliki disiplin yang tinggi dalam menjaga prokes. Sehingga penyelenggaraan MTQ ini dapat berjalan dengan tertib baik dan sukses nantinya,” kata dia.

Defile Kafilah

Acara pembukaan yang digelar di GOR Chatib Soelaiman, Bancah Laweh ini ditandai dengan pemukulan gandang tasa oleh Dirjen Bimas Prof Phil Kamarudin Amin bersama dengan Gubernur Mahyeldi, Wagub Audy Joinaldy , Walikota Fadly Amran dan Ketua DPRD Mardiansyah

Selain defile khafilah dari seluruh kota kabupaten yang ambil bagian ikut MTQ, penampilam Ranah Art Orchestra serta tarian kolosal Ziarah Surau Kota Hujan menambah semarak Grand Opening MTQ Nasional ke-39 Tingkat Sumatera Barat di Kota Padang Panjang Kota Serambi Mekkah.(adv)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.