Press "Enter" to skip to content

Mahasiswa KKN Unand Sukseskan Vaksinasi Di Kampung Manggis

PADANG PANJANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN) Universitas Andalas (Unand ) Padang ikut berperan aktif mensukseskan vaksinasi massal di Kelurahan Kampung Manggis , Padang Panjang Barat.

Sebanyak 16 orang mahasiswa KKN Unand tersebut terlibat langsung dalam proses vaksinansi yang di gelar Puskesmas Kebun Sikolos di Kantor Kelurahan Kampung Manggis, Rabu (25/8).

Mereka kelihatan tampak memberi arahan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, melakukan pengukuran suhu tubuh, pengaturan tata lokasi vaksinasi dari awal pendaftaran hingga masyarakat selesai di vaksin.

Lurah Kampung Manggis Ilham Kusuma, S.STP mengaku terbantu oleh mahasiswa KKN Unand Padang yang ikut berperan aktif dan terlibat langsung dalam proses vaksinasi di Kota Padang Panjang, khususnya kelurahan Kampung Manggis Kecamatan Padang Panjang Barat.

” Kehadiran adik-adik mahasiswa KKN Unand Padang membantu lancarnya proses vaksinasi, ini  sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Kelurahan Kampung Manggis, ” ujar Lurah Ilham Kusuma didampingi Kasi Pemerintahan Zumardi.

Ilham Kusuma menjelaskan, sasaran vaksinasi di Kelurahan Kampung Manggis cukup banyak, karena masyarakat yang tersebar di 25 rukun tetangga (RT). Puskesmas Kabun Sikolos termasuk puskesmas yang menangani vaksinasi dengan sasaran yang cukup besar di Kota Padang Panjang.

” Oleh karena butuh tenaga lebih ekstra dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut. vaksinasi dibagi dalam beberapa sesi agar tidak terjadinya penumpukan atau kerumunan.

” Pembagian sesi ini sebagai upaya dalam melaksanakan himbauan dari Satgas Covid-19 di Kota Padang Panjang. Disisi lain, sebagai fasilitator dari kelurahan sangat terbantu oleh mahasiswa KKN UNAND dalam pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh Nakes Puskesmas Kebun Sikolos.

“Mahasiswa membantu pengisian formulir bagi masyarakat yang akan divaksin, terkhusus bagi para lansia yang membutuhkan bantuan dalam pengisiannya.” ujar Ilham.

Sampai hari ini pelaksanaan vaksinasi di Kantor Kelurahan Kampung Manggis sudah dilaksanakan sebanyak tujuh kali dan rencananya akan berlanjut sampai selesai.

Selain sukses berperan aktif pada pelaksanaan vaksinasi, mahasiswa KKN UNAND yang terdiri dari delapan fakultas tersebut juga turut membantu beberapa kegiatan yang ada di kelurahan seperti Testing, Tracing dan Treatment pada pasien Covid-19, penyaluran BST (Bantuan Sosial Tunai), serta layanan administrasi kependudukan.

Tidak hanya membantu kegiatan di kelurahan, mahasiswa KKN UNAND yang terdiri dari 9 mahasiswa dan 7 mahasiswi tersebut juga melakukan program kerja utama diantaranya edukasi dan sosialisasi tentang digitalisasi UMKM, edukasi manajemen keuangan keluarga pada penerima PKH (Program Keluarga Harapan), edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba, bahaya game pada anak, waspada pinjaman online ilegal serta bijak bermedia social dan beberapa program kerja lainnya. Program diatas tidak terlepas dari bimbingan Dosen Pendamping Lapangan yaitu Ibu Dr. Upita Septiani, S,Si., M.Si.

SMP Darul Hikmah manjadi salah satu tempat dilakukannya edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan bijak bermedia social. Kegiatan tersebut juga dihadiri dan didukung oleh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Bripka Diko Mahaputra yang meningatkan kepada siswa SMP Darul Hikmah untuk jangan pernah mencoba narkoba apalagi menjadi pengedar narkoba, karena itu akan merusak masa depan dan hukumannya akan sangat berat.

Disisi lain Dosen Pendamping Lapangan Dr. Upita Septiani, S,Si., M.Si. menyebutkan kegiatan mahasiswa KKN UNAND ini diharapkan menjadi salah satu perwujudan dari Tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

” Mahasiswa harus dituntut mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan berkontribusi secara nyata yang nantinya akan menjadi agent of change di tengah masyarakat.” tegasnya.(m.rezki/adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.