Press "Enter" to skip to content

Layani Sopir Seskoad Sertu Cecep Maulana dan Montir Hermansyah

“Terima kasih banyak Pak Aqua. Mohon doanya agar saya dapat melaksanakan amanah tersebut dengan maksimal. Saya tunggu kehadiran Pak Aqua bersama keluarga di Bali,” ujar Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Mayjen TNI Kurnia Dewantara.

Sabtu tadi sore (20/6/2020) saya sengaja telefon Kurnia. Agendanya cuma satu, menyampaikan ucapan selamat kepada bapak tiga anak itu atas promosi dirinya sebagai Panglima Daerah Kodam (Pangdam) IX/Udayana. Membawahi tiga provinsi yaitu Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dikutip dari iNews.id Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjuk Mayjen TNI Kurnia Dewantara menjadi Pangdam IX/Udayana. Mantan Danseskoad itu menggantikan Mayjen TNI Benny Susianto yang dimutasi menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bidang Wassus dan LH (Orgas Baru).

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman mengatakan, pengangkatan keduanya merupakan bagian dari mutasi dan promosi jabatan 49 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang terdiri atas 40 Pati jajaran TNI Angkatan Darat (AD), 5 Pati jajaran TNI Angkatan Laut (AL) dan 4 Pati jajaran TNI Angkatan Udara (AU).

Mutasi tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/503/VI/2020 tanggal 18 Juni 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

“Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. kembali melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Kolonel Sus Taibur Rahman dalam siaran pers yang diterima iNews.id, Jumat malam (19/6/2020).

Adapun nama-nama lengkap ke-40 Pati TNI AD tersebut, yakni Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M, dari Pangdam IV/Diponegoro menjadi Irjenad (Validasi Orgas), Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P. dari Aster Kasad menjadi Pangdam IV/Diponegro, Mayjen TNI Nurchahyanto dari TA Pengkaji Bid. Politik Lemhannas menjadi Aster Kasad Brigjen TNI Gunung Iskandar dari Waaspers Panglima TNI menjadi TA Pengkaji Bid. Politik Lemhannas.

Brigjen TNI Kukuh Surya Sigit Santoso, M.Tr. (Han)., C.Fr.A. dari Kasetum TNI menjadi Waaspers Panglima TNI, Kolonel Inf Rusmili, S.I.P., M.Si. dari Paban Utama Was Aspas Sahli Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Kasetum TNI, Mayjen TNI dr. Bambang Dwi Hasto, Sp.B., FinaCS., M.Si dari Kapuskes TNI menjadi Ka RSPAD (Validasi Orgas).

Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H. dari Kapuskesad menjadi Kapuskes TNI, Brigjen TNI dr. Asrofi Sueb Surachman, Sp.BP-RE(K).,M.A.R.S. dari Kapusrehab Kemhan menjadi Kapuskesad, Kolonel Ckm dr. Budiman, Sp.BP-RE(K)., M.A.R.S. dari Sub SMF Gol. IV/ Kol Fetomaternal Dep Obgyn RSPAD Gatot Soebroto Puskesad menjadi Kapusrehab Kemhan.

Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah dari Pangdam I/BB menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Intekmil dan Siber (Orgas Baru), Mayjen TNI Irwansyah, M.A., M.Sc. dari Sahli Bid. Hankam BIN menjadi Pangdam I/BB, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P dari Pangdam IX/Udy menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Wassus dan LH (Orgas Baru), Mayjen TNI Kurnia Dewantara dari Danseskoad menjadi Pangdam IX/Udy.

Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A. dari TA Pengkaji Madya Bid. Sismennas Lemhannas menjadi Danseskoad, Kolonel Inf A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M. dari Pamen Denma Mabesad menjadi TA Pengkaji Madya Bid. Sismennas Lemhanna, Kolonel Ckm dr. Rahmat Saptono, Sp.OG dari Kakesdam IV/Dip menjadi Ir Puskesad (Validasi Orgas).

Kolonel Ckm dr. Ari Binuko dari Ir Puskesad menjadi Dircab Puskesad (Validasi Orgas), Brigjen TNI Dedi Priatna Ariestadi dari Dir PIT Pusterad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Cpl Jajah Subarjah, S.E., M.M. dari Analisa Kebijakan Bid. Pengumpulan dan Pengolahan Informasi pada Deputi Bid. Sistem Nasional Setjen Wantannas menjadi Dir PIT Pusterad.

Brigjen TNI Bambang Irianto dari Dircab Pusbekangad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Cba Budi Fitri. S.E. dari Kasubbit Binalsatri Pusbekangad menjadi Dircab Pusbekangad, Mayjen TNI Zulfardi Junin, S.H. dari Staf Ahli Bid. Ideologi dan Politik BIN menjadi Agen Madya pada Sahli Bid. Ideologi dan Politik BIN.

Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon, S.E. dari Kabinda Papua BIN menjadi Staf Ahli Bid. Ideologi dan Politik BIN, Kolonel Inf I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, S.E. dari Pamen Denma Mabesad menjadi Kabinda Papua BIN, Brigjen TNI Made Datrawan, S.I.P. dari Bandep Ur. Renkon pada Deputi Bid. Politik dan Strategi Setjen Wantannas menjadi Deputi Bid. Sistem Nasional Setjen Wantannas.

Mayjen TNI Sugeng, S.H. dari Sahli Bid. Sosbud Setjen Wantannas menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Ana Supriatna. S.I.P., M.Si. dari Danpussenkav Kodiklatad menjadi Sahli Bid. Sosbud Setjen Wantannas, Brigjen TNI Wawan Ruswandi, S.I.P., M.Si. dari Dirjian Kodiklatad menjadi Danpussenkav Kodiklatad.

Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos. dari Danrem 161/WS (Kupang) Kodam IX/Udy menjadi Dirjian Kodiklatad, Kolonel Inf Samuel Petrus Hehakaya dari Agen Madya Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Danrem 161/WS (Kupang) Kodam IX/Udy, Kolonel Arh Drs. Haris Sarjana, M.M., M.Tr.(Han) dari Pamen Denma Mabesad menjadi Karo Persidangan, Sistem Informasi dan Pengawasan Internal Setjen Wantannas.

Brigjen TNI Dr. Wahyu Wibowo, S.H., M.H. dari Waka Babinkum TNI menjadi Anggota Pokkimmiltama Mahkamah Agung, Brigjen TNI Wahyoedho Indradjit, S.H., M.H dari Dirkumad menjadi Waka Babinkum TNI, Kolonel Chk (K) Tetty Melina Lubis, S.H., M.H. dari Tua STHM Ditkumad menjadi Dirkumad, Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H. dari Dosen Unhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Mayjen TNI Rochadi dari Dankoopssus TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Ranto Parulian Silaban, S.H. dari Pa Sahli Tk. II Kamteror Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Amalsyah Tarmizi, S.I.P. dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Sosbud menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), dan Mayjen TNI Sucianto, C.Fr.A. dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Dampingi Kurnia ke Bali serta Kunjungan Kerja ke NTB dan NTT

Saat komunikasi dengan jenderal yang sangat rendah hati itu, saya bisa merasakan kebahagiaan Kurnia. Apalagi amanah itu sempat tertunda sekitar dua bulan.

Teman akrab saya itu menginfokan rencananya minggu depan serah terima jabatan di Markas besar Angkatan Darat (Mabesad) di Jakarta. Setelah itu acara pisah sambut di Seskoad Bandung. Kemudian baru Kurnia ke Bali.

Kepada Kurnia saya sampaikan sebagai wujud rasa syukur atas amanah baru yang diperolehnya, saya bersama Kurnia akan ke Bali. Setelah sebelumnya menghadiri acara di Seskoad.

“Wah saya senang sekali jika Pak Aqua bisa bersama-sama ke Bali. Kalau sudah ada jadwal pastinya insya ALLAH saya kabari Pak Aqua,” kata laki-laki asal Sukabumi, Jawa Tengah tersebut.

Tidak hanya mendampingi Kurnia ke Bali. Saya juga janji menemani beliau saat kunjungan kerja ke NTB dan NTT. Itu sebagai wujud nyata dukungan saya ke Kurnia.

Kurnia Banyak Membantu Termasuk untuk Rombongan Umroh POS II dan III

Selama ini Kurnia telah banyak memberikan bantuan ke saya. Diantaranya pada rombongan umroh The Power of Silaturahim (POS) II pada 2018 dan POS III pada 2019 yang jumlahnya puluhan orang. Bantuannya totalitas.

Semua jamaah umroh POS II dan III yang dipimpin Nurcholis MA Basyari dua hari sebelum berangkat ke Tanah Suci menginap di mess Seskoad Jakarta. Seluruh kebutuhannya disiapkan Kurnia.

Tidak hanya itu, Kurnia sengaja mengirimkan dua bus Seskoad dari Bandung ke Jakarta untuk membawa rombongan POS II dan POS III dari mess Seskoad ke terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. Itu rutin dilakukan selama 2 tahun berturut-turut.

Saat malam silaturahim dengan para jamaah POS tersebut Kurnia dan istrinya sengaja hadir. Memberikan sambutan dan memotivasi pada mereka.

“Pak Aqua selama saya jadi Komandan Seskoad, silakan digunakan fasilitas yang ada. Saya senang bisa membantu kegiatan sosial Pak Aqua,” ungkap Kurnia.

Setiap ke Bandung, saya juga sering menginap di mess Seskoad di Jl Riau. Di kamar yang khusus buat Komandan Seskoad. Juga dipinjamkan mobil dan sopir sama Kurnia.

Semua layanan dari Kurnia sangat memuaskan. Beliau selalu optimal memberikan bantuan. Itulah salah satu kelebihan mantan Waaspers KSAD ini.

“Menjaga” Hotel Courtyard Marriott Seminyak Milik Ventje Suardana

Sambil guyon, Kurnia mengatakan di Bali akan “menjaga” hotel Courtyard Marriott Seminyak milik teman akrabnya Ventje Suardana. Hotel bintang lima itu, satu dari banyak hotel milik Ventje.

Malam ini lewat telefon Ventje sudah menyampaikan ucapan selamat kepada Kurnia. Beliau merencanakan silaturahim ke Kurnia saat ke Bali. Selain itu juga mempersilakan menginap di hotel miliknya.

Sementara dari Bali Pemimpin Redaksi Tribun Bali (Kompas Gramedia Group) Sunarko lewat saya menyampaikan ucapan selamat kepada Kurnia. Beliau bersama timnya merencanakan wawancara khusus dengan Kurnia.

“Mas Aqua, salam kenal dan salam hormat buat Pak Kurnia. Selamat atas amanah yang diberikan kepada beliau sebagai Pangdam IX/Udayana. Semoga selalu sukses,” ujar Sunarko.

Selamat buat Kurnia. Mudah-mudahan ALLAH SWT memudahkan semua tugas mulianya sebagai Pangdam IX/Udayana. Aamiin ya robbal aalamiin…

Penulis : Aqua Dwipayana

Comments are closed.

Mission News Theme by Compete Themes.