Press "Enter" to skip to content

Konsentrasi di Bidang Agro Industri, BLK Komunitas di Nagari Gurun Diresmikan

TANAH DATAR – Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Nusyirwan dan turut disaksikan Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa Febby Dt. Bangso, Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri, perwakilan BLK Padang, Kepala OPD terkait, Camat Sungai Tarab, Wali Nagari Gurun dan undangan lainnya meresmikan pemakaian gedung BLK Komunitas di Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab, Kamis (2/9/2021).

Nusyirwan disebut, keberadaan BLK Komunitas dinilai sangat strategis dalam mendukung visi misi Pemerintah Tanah Datar, terutama dalam menyukseskan pencapaian Program Unggulan (Progul) yang telah dicanangkan.

‘BLK ini dinilai akan mampu mendukung Progul menciptakan 1.000 wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan baru, mengurangi pengangguran serta juga bisa menumbuhkembangkan UMKM dengan memanfaatkan BLK semaksimal mungkin,” katanya mewakili Bupati Eka Putra.

Nusyirwan menambahkan, BLK tentu akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama masyarakat yang mengikuti pelatihan.

“Dengan kehadiran BLK, SDM masyarakat akan meningkat, tentunya tidak salah Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bapak Febby Dt. Bangso dan BLK Padang yang telah alokasikan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI tahun 2020, perantau dan pihak lainnya yang telah mendukung dilaksanakan pembangunan BLK ini di Nagari Gurun,” sampai Nusyirwan.

Disebutkan Nusyirwan, melalui pelatihan di BLK, para peserta akan bisa mengasah pengetahuan, keterampilan dan sikap. “BLK bertujuan menyelenggarakan pelatihan kompetensi untuk hasilkan keahlian yang berguna di dunia kerja. Saat ini di samping di Sungai Tarab ini, BLK juga sudah ada di Rambatan, Pariangan dan X Koto. Dan ke depan diharapkan seluruh kecamatan di Tanah Datar memiliki BLK,” tukasnya.

Di kesempatan terpisah Febby Dt. Bangso menyampaikan, BLK Komunitas merupakan fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan lembaga non pemerintah yang bertujuan memberikan pelatihan.

“Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa menilai potensi di Kecamatan Sungai Tarab cukup tinggi, sehingga dengan kerjasama dan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan semua pihak, BLK Komunitas dengan konsentrasi bidang Agro Industri bisa terwujud,” ujarnya.

Ke depan, tambah Febby, dengan kehadiran BLK Komunitas ini diharapkan akan lahir generasi atau masyarakat yang berdaya guna dan mempunyai keahlian untuk bisa ciptakan lapangan kerja sendiri.

“Karena BLK Komunitas ini telah hadir, silahkan manfaatkan semaksimal mungkin, baik itu masyarakat Gurun, Sungai Tarab ataupun dari kecamatan lain,” ujar Febby.

Sementara itu Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP) Surfa Yondri menyampaikan mewakili Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan BLK Komunitas, akan mendukung secara langsung.

“PNP mempunyai berbagai jurusan dan program pendidikan, tentunya akan bisa mendukung BLK Komunitas ini dalam memberikan pelatihan ataupun sharing ilmu dan informasi ke depan, terutama dengan program tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat,” katanya.(*ril/adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.