Press "Enter" to skip to content

KETIKA MOTIVATOR MENJADI “LIAISON”

Mengintip Motivator Dr Aqua Dwipayana Memfasilitasi Rombongan Unpad Berkunjung ke BNPB dan BNPT

Oleh : Elthaf

Menarik sekali kabar elok yang dikirimkan Dr Aqua Dwipayana ke KKJT (Komunitas Komunikasi Jari Tangan) tentang kunjungan jajaran pimpinan dan pengajar dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Ini bukanlah sebuah casual visit, tapi sebuah courtesy visit dari Unpad ke BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme).

Kunjungan ini menjadi ”unik”, karena pengajuannya juga unik, tidak ada surat susulan dengan kata-kata “merujuk ke surat kami tertanggal “xxyyzz” mengenai “abcd”. Juga tidak ada kata balasan sehubungan dengan urgensi, kesibukan dan sebagainya.

Kali ini saya melihat Dr Aqua Dwipayana bukan hanya motivator fenomenal nasional tapi sudah merangkap menjadi “Liaison” nasional yang handal. Dengan piawainya Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat bidang Komunikasi Publik itu dalam hitungan hari tanpa bertele-tele bisa mengaturkan jadwal rombongan Unpad Bandung berkunjung ke BNPB dan BNPT di Jakarta dan Sentul.

Mereka bertemu langsung dengan kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo yang sekarang di samping sebagai Kepala BNPB, ditunjuk jadi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 oleh Presiden Jokowi. juga diterima langsung oleh Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Kedua Badan Nasional yang bergengsi ini dipimpin oleh perwira tinggi bintang tiga dan melapor langsung ke Presiden. Dua Kepalanya Letjen TNI Doni Monardo dan Komjen Pol Boy Rafli Amar teman akrab Pak Aqua. Setiap saat selama 24 jam mereka bisa ketemu dan berkomunikasi.

Seperti ada “Mukjizat”, Bapak dan Anak Kompak Berikan Layanan Terbaik ke Tamu-Tamunya

Membaca rangkaian perjalanan rombongan dari Unpad, seperti ada “mukjizat” di mana di masa pandemi Covid-19 ini semua serba keterbatasan tapi bisa begitu lancar dan seluruhnya tepat waktu sesuai dengan agenda yang dibuat Pak Aqua bersama putra bungsunya Savero Karamiveta Dwipayana yang akrab dipanggil Ero. Bapak dan anak ini selalu kompak dalam segala hal termasuk memberikan layanan terbaik ke tamu-tamunya.

Pada Kamis siang, 18 Juni 2020 rombongan dengan bus Seskoad sudah sampai di hotel Mercure Cikini, Jl Cikini Raya Jakarta Pusat. Disambut langsung oleh Pak Aqua. Istirahat sekitar 1,5 jam di sana.

Setelah check-in rombongan menuju ke Gedung Graha BNPB di Jalan Pramuka Jakarta Timur. Disambut Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Komunikasi Kebencanaan BNPB Dr Raditya dan bertemu dengan Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo. Kemudian menuju kantor BNPT di Jakarta. Ketemu dengan Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, Datuak Rangkayo Basa.

Malamnya dijamu makan malam di hotel Mercure Cikini oleh pemilik hotelnya Bapak Ventje Chandraputra Suardana. Rombongan menginap di hotel tersebut.

Esok paginya rombongan Unpad itu diantar Pak Aqua ke pusat pendidikan BNPB dan BNPT di Sentul, Kabupaten Bogor. di Bogor Pak Aqua melepas rombongan kembali untuk ke Bandung.

Semua Terjadi karena Rahmat ALLAH SWT dan Power of Silaturahim

Tidak heran ketika kita membaca ungkapan rasa syukur dan terima kasih yang tulus disampaikan oleh Ketua rombongan yang juga Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad Dr Dadang Rahmat Hidayat, Ketua Senat dan Ketua Dies Natalis ke-60 Fikom Unpad Dr Hadi Suprapto Arifin, dan sopir bus Seskoad Bandung Sertu Cecep Maulana yang mengantar rombongan dari Bandung ke Jakarta dan kembali ke Bandung.

Itulah Pak Aqua. Bagi mereka mungkin ini satu hal yang luar biasa. Hal tersebut dapat dirasakan dari apresiasi lewat tulisan-tulisan yang ditulis Dr Dadang Rahmat Hidayat, Dr Hadi Suprapto Arifin, dan Sertu Cecep Maulana.

Kondisinya berbeda dengan yang selama ini saya rasakan. Saya melihat itu adalah sikap keseharian Pak Aqua, karena saya pernah tiga hari menyaksikannya sendiri secara langsung. Karakter asli anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia ini ya seperti itu, sama sekali tidak dibuat-buat.

Betapa rendah hati, ramah, santun dan royalnya Pak Aqua kepada siapa saja, tak pandang bulu. Ini yang saya saksikan ketika diajak Pak Aqua pada Maret 2019 lalu. dari Jakarta kami ke Denpasar, Tabanan, Solo, Yogyakarta dan kembali melanjutkan dua acara lagi di Jakarta. Itu berlangsung selama tiga hari penuh. Semua difasilitasi Pak Aqua.

Saya kaget saat kami di lounge Concordia Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Menyaksikan semua karyawannya dengan ramah, akrab, dan hormat menyapa Pak Aqua dengan selalu menyebut nama beliau. Sementara pada waktu bersamaan ada seorang pejabat tinggi negara di tempat itu yang diperlakukan biasa-biasa saja oleh mereka. Padahal saya yakin pejabat tersebut sering masuk lounge itu karena keluarganya tinggal di Yogyakarta.

Melihat itu, saya menyampaikan apresiasi ke Pak Aqua. Jawaban yang saya terima menunjukkan sikap rendah hati Pak Aqua.

“Pak Elthaf, saya sering masuk lounge Concordia ini. Itu yang membuat semuanya kenal saya. Mereka adalah teman-teman baik saya,” kata Pak Aqua sambil tersenyum.

Meski jadwalnya sangat padat namun Pak Aqua sama sekali tidak lelah. Beliau tetap semangat dan komunikasinya selalu akrab dengan semua orang yang diajak bicara. Hal itu membuat ngobrolnya tidak terasa walaupun berjam-jam.

Menurut saya semua terjadi karena rahmat ALLAH SWT dan Power of Silaturahim. Tentang itu ditulis dengan jelas dan tuntas di buku super best seller “THE POWER OF SILATURAHIM: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” karangan Dr Aqua Dwipayana yang telah dicetak tujuh kali sebanyaj 140.000 eksemplar.

Terima kasih,
Jakarta, 21 Juni 2020.

Penulis Pensiunan Chevron dan Pelukis.

Comments are closed.

Mission News Theme by Compete Themes.