Press "Enter" to skip to content

Kelurahan Tanah Pak Lambik Fasilitasi Tera Ulang Gratis

Padang Panjang, Warta Publika.Com – Guna menciptakan “Kelurahan Tertib Ukur”, kelurahan Tanah Pak Lambik memfasilitasi pelaksanaan tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) bagi para pelaku usaha.

Lurah Tanah Pak Lambik (TPL), Erosen Adera, ST. mengatakan, bersama aparatur kelurahan pihaknya mengundang petugas UPTD Metrologi Legal Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdakop UKM).

Tera ulang itu dilaksanakan, di Aula Kantor Lurah TPL, Kecamatan Padang Panjang Timur, Senin (24/5), ada warga yang mengantarkan sendiri timbangannya, pihak kelurahan juga menjemput langsung ke rumah dan tempat usaha mereka.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk menciptakan ‘Kelurahan Tertib Ukur’ dan membangun kepercayaan pasar untuk membeli produk UMKM TPL, karena timbangan yang dipakai dalam menimbang hasil produk sudah teruji (keur),” katanya.

Lebih lanjut, Andera menyebutkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan kebenaran pengukuran dari alat timbang ukur para pelaku usaha di TPL, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen ke UKM TPL.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Disperdakop UKM yang telah melakukan uji tera ulang timbangan warga di kelurahannya.

“Di kelurahan kami cukup banyak UKM dan UMKM. Untuk itu kami rasa perlu dilakukan uji tera ulang terhadap alat ukur timbangan para pelaku usaha guna menjamin kebenaran pengukuran dan kebenaran konsumen,” ungkapnya.

Ditambahkan Adera, masyarakat TPL merespon positif melakukan tera ulang alat ukur timbangannya. Awalnya ada sekitar 30-an UTTP yang akan ditera ulang. Tapi UTTP atau timbangan yang sudah ready di kelurahan saat itu baru sekitar 15-an.

“Setelah operasional tera ulang selesai, kami jemput lagi timbangan yang ada di tempat lokasi UMKM. Sebab ada beberapa timbangan itu yang dipakai warga setiap saat. Jadi tidak bisa dibawa secara keseluruhan,” tuturnya.(rifki/adek)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.