Press "Enter" to skip to content

Kedatangan Rombongan Seoul Technical High School Korsel untuk Sharing Budaya dan Teknologi

Rombongan Seoul Technical High School Korsel disambut Gubernur Mahyeldi,Wawako Asrul dak Kepsek SMAN 3 Devi Hardiyanti.(photo : Kominfo PP)

Padang Panjang, wartapublika.com- — Melalui Program Alcob Cooperative Project with Institute of Apec Collaborative Education SMAN 3 Padang Panjang dikunjungi pelajar Seoul Technical High School Korea Selatan, Kamis (12/01).

Program pertukaran pelajar ini bertujuan mengenalkan budaya serta sharing ilmu teknologi bagi para pelajar kedua sekolah tersebut.

Kedatangan sebanyak 15 orang yang terdiri dari kepala sekolah, tiga guru dan 13 siswa dari Korea Selatan itu disambut langsung Gubernur H. Mahyeldi Ansharullah, S.P Datuak Marajo didampingi Wakil Walikota Asrul beserta tamu undangan terkait lainnya.

Gubernur Mahyeldi mengapresiasi SMAN 3 yang telah melaksanakan program pertukaran pelajar dengan Seoul Technical High School melalui program Alcob Cooperative Project with Institute of Apec Collaborative Education ini.

“Atas nama Pemprov Sumbar kami mengucapkan selamat datang kepada rombongan. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi dunia pendidikan di Kota Padang Panjang maupun Sumatera Barat pada umumnya,” ucap Buya Mahyeldi.

Sementara itu, Wawako Asrul menyampaikan, Pemerintah Kota Padang Panjang memiliki beberapa program dalam membangun dunia pendidikan. Di antaranya menempatkan sektor pendidikan sebagai sektor utama serta berupaya memaksimalkan memenuhi anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBD.

Di samping itu juga memperluas kerja sama dengan berbagai pihak dan memberikan beasiswa pendidikan di berbagai tingkatan perguruan tinggi.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan siswa dalam menguasai teknologi dan budaya dari Korea Selatan, sehingga bisa berdampak positif bagi pendidikan di kedua sekolah,” harapnya.

Kepala SMAN 3, Devi Hariyanti, M.Pd mengatakan, program yang berlangsung 11-17 Januari ini akan ada beberapa kegiatan. Di antaranya, perakitan drone, demo masakan dan budaya Korea, diskusi, memasak Randang, belajar alat musik tradisional Minang dan beberapa kegiatan lainya.

“Selain itu, mereka juga mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Padang Panjang dan berbagai daerah di Sumbar,” tutur Devi.

Pihaknya berharap dengan program ini terjalin kerja sama yang lebih baik antara kedua pihak, baik budaya dan pendidikan. Dirinya mengapresiasi Pemko yang telah bersedia memfasilitasi kedatangan rombongan dari Korea ini ke Kota Padang Panjang.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini bisa menambah wawasan siswa dalam menguasai teknologi dan mengenal budaya Korea serta meningkatkan kemampuan bahasa Inggris,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seoul Technical High School, Jobok Lee diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat beserta Kota Padang Panjang atas sambutan hangat dan keramahtamahan masyarakat Minang yang telah diberikan kepada dirinya beserta rombongan.

Jobok Lee juga sangat terkesan dengan pemandangan yang indah di Kota Padang Panjang khususnya di pelataran SMAN 3 yang memiliki suhu sejuk dengan pemandangan gunung yang indah. Selain itu warga di kota ini juga ramah.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memperluas hubungan kerja sama yang baik di bidang pendidikan. Saya sangat senang bisa berada di sini, kami berharap dengan adanya kegiatan pertukaran pelajar ini dapat membawa dampak baik bagi pendidikan di Seoul Technical High School Korea Selatan dan SMAN 3 Padang Panjang,” tuturnya.

Turut hadir, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang diwakili Koordinator Kerja Sama, Siti Ubaidah, kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Provinsi Sumatera Barat, OPD terkait serta para guru dan undangan terkait lainnya.

Penulis : Rifki
Sumber : Kominfo Padang Panjang.
Editor : Adek