Press "Enter" to skip to content

KASN Sebut Pemko Padang Panjang Punya Komitmen Tinggi Terapkan Sistem Merit

PADANG PANJANG- Asisten Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah II Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Septina Dwiputianti melihat Padang Panjang memiliki komitmen tinggi terhadap penerapan Sistem Merit.

“Hari ini kami melihat banyak progres luar biasa yang telah diterapkan serta berpotensi cukup besar di Kota Padang Panjang. Ini diluar dugaan kami,” ujar Septina dalam kegiatan evaluasi penerapan Sistem Merit di lingkungan Pemko Padang Panjang, Rabu (29/9) yang digelar di Ruangan VIP Balai Kota.

Septina menambahkan, pengembangan kompetensi di Padang Panjang bisa dilakukan kepada keseluruhan pegawai. Artinya, pengembangan kompetensi tidak hanya diperuntukkan pegawai berkompetensi rendah, tapi juga pegawai yang berpotensi menduduki jabatan lebih tinggi,” katanya seraya menambahkan, di samping evaluasi, pihaknya sekaligus sebagai asistensi dalam penerapannya di Padang Panjang.

Sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar, tanpa membedakan latar belakang politik, ras, agama dan lainnya.

Disebutkan Asisten III Setdako, Martoni, S.Sos, M.Si, manajemen sumberdaya aparatur merupakan salah satu prioritas dan komitmen kerja Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dalam menjunjung aspek profesionalisme. Pelaksanaan sistem merit, menjadi salah satu cara yang memungkinkan ketercapaiannya di Kota Padang Panjang.

Menurut Martoni, beberapa langkah konkret yang telah dilakukan Padang Panjang antara lain, pembentukan peraturan mengenai manajemen karier dan penyusunan SOP promosi dan mutasi.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Rudy Suarman, A.P menambahkan, Pemko optimistis dapat meraih predikat baik dalam penerapan sistem merit tahun ini. “Beberapa aspek yang sebelumnya tidak dipahami secara utuh, kini telah menemukan titik terang mengenai langkah strategis penyempurnaannya,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, rombongan KASN berkesempatan mengunjungi Command Center yang ada di Balai Kota. Kabid E-Gov Dinas Kominfo, Ario Dian Pratama, ST menjelaskan, di ruang kendali ini seluruh aplikasi terintegrasi dalam satu database. “Sistem pelayanan tiap OPD akan terintegrasi ke Dinas Kominfo melalui Command Center ini,” ungkapnya. (andes)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.