Press "Enter" to skip to content

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto Dianugrahi Gala Sasangko Tuanku Rajo Sinaro Basa

Tanah Datar, Warta Publika.Com – Usai dilewakan secara adat Minangkabau, Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH resmi menyandang Gala Sangsako Tuanku Rajo Sinaro Basa, sedangkan Ny. Yesika Toni bergelar Rangkayo Siti Aminah.

Prosesi malewakan gala yang digelar balai serbaguna Nagari Paninjauan, Kec X Koto Kabupaten Tanah Datar, Senin (28/6) turut dihadiri Tokoh masyarakat H. Arnis Saleh, Gubernur Mahyeldi Ansharullah, Wakil Bupati Richi Aprian, Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu, Walikota Fadly Amran dan undangan lainya.

Sekretaris Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Paninjuan, Zulfahmi Dt, Sampono Katik mengatakan pemberian gelar ini, merupakan  penghargaan atas jasa-jasa Kapolda sebagai seorang pemimpin masyarakat, atas perhatian terhadap keamanan dan kenyamanan masyarakat umumnya Sumatera Barat, khususnya Nagari Paninjauan Tanah Datar.

Prosesi malewakan gala ini adalah salah satu bentuk kelestarian adat istiadat Nagari Paninjauan (minangkabau), yang melambangkan musyawarah dan mufakat Ninik Mamak urang Nan Salapan Puluah Nagari Paninjauan.

Dalam mengambil sebuah keputusan penting, dengan melalui musyawarah dan mempertimbangkan dengan secara bersama sama. Ibarat pepatah “Bulek lah buliah di golongkan, Picak lah buliah di layangkan”.

” Gala sangsako ini adalah gelar penghormatan dari kaum Paninjauan, kepada seseorang yang telah dinilai sangat bijaksana dalam bersikap, ” ujar Sekretaris Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Paninjuan, Zulfahmi Dt Sampono Katik.

Ditambahkan gelar ini dijunjungkan kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, dikarenakan selama pelaksanaan tugasnya mereka nilai sangat berjasa kepada masyarakat.

“Beliau sangat peduli terhadap masyarakatnya, serta adil dalam menegakkan hukum yang berlaku. Serta memberikan contoh teladan yang baik kepada masyarakat Sumatera Barat,” katanya.

Dikatakan, gala sasangko yang dianugrahi memiliki makna yang tinggi. “Gelar Tuanku Rajo Sinaro memiliki arti
seorang raja atau pemimpin yang selalu bercahaya dan bersinar, berjiwa besar. Sedangkan Siti Aminah yang bermakna memiki sifat kemuliaaan dan kesantunan layaknya ibunda Nabi Muhammad SAW sebagai contoh yang sangat baik bagi masyarakatnya.

Sementara itu, Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“Ini bentuk kepercayaan kepada kami, semoga amanah ini kami jalankan, bisa menjadi ninik mamak yang bisa bersikap adil sehingga bisa meletakkan hukum pada tempatnya,” sebut. Irjen Pol. Toni.

Kapolda sempat menanyakan kepada ninik mamak Nagari Paninjauan yang datang kepada dirinya, alasan apa sehingga dirinya diberi gelar sangsako.

“Jawaban yang disampaikan kepada saya, karena keberhasilan menjaga kamtibmas dan menjaga syiar agama dengan memberikan teladan kepada anggota dan seluruh masyarakat untuk mengerjakan shalat berjamaah di masjid bagi kaum laki-laki,” terangnya.

Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan di satu sisi dirinya sebagai manusia biasa harus bisa menjaga perasaan hati dari penggagas pemberi gelar dan di sisi lain dirinya telah memberikan yang terbaik saat bertugas di Sumatera Barat.

“Ini karena hanya menjalankan kewajiban saja dengan niat tulus dan ikhlas, mengingat kecintaan saya kepada Sumatera Barat. Untuk itu atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan terima kasih,” kata Irjen. Toni Harmanto.

Wabup Richi Aprian menyampaikan selamat kepada Irjen Pol Toni Harmanto dan Ny Yesika Toni atas gelar (gala- red) yang diberikan masyarakat Nagari Paninjauan. Gelar sasangko merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang berjasa bagi bangsa dan negara, dan bermanfaat bagi masyarakat Minangkabau.

Disebutkan Richi Aprian penghargaan yang diberikan karena Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto dinilai memiliki kinerja yang baik dalam rangka memberikan pelayanan, pelayanan dan menjaga ketertiban, ketrentaman dan keamanan masyarakat.

Richi Aprian berharap momen penting ini akan menambah erat tali silturahmi antara masyarakat Paninjauan khususnya dan Tanah Datar serta Sumatera Barat secara umum dengan Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto beserta jajaran Polda Sumatera Barat.(adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.