Press "Enter" to skip to content

Jelang Pencanangan, Kominfo Lakukan Perekaman Lanjutan TTE

Padang Panjang, wartapublika.com- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lakukan perekaman lanjutan Tanda Tangan Tangan Elektronik (TTE) di Hall Lantai III Balai Kota, Jumat (13/1). Begitu semua perekaman rampung, dijadwalkan bakal digelar pencanangan TTE oleh walikota.

Kepala Dinas Kominfo, Drs. Ampera Salim, S.H, M.Si menjelaskan, setiap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) ke depan akan menandatangani surat secara elektronik dan tanda tangan elektronik ini sudah diakui orisinalitasnya oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dijelaskannya, TTE ini diadakan guna memudahkan setiap OPD dalam pelayanan, baik untuk internal kantor maupun masyarakat. TTE ini bisa dilakukan di mana saja. Tidak perlu menunggu-nunggu lagi kalau ada masyarakat yang butuh surat yang ditandatangani kepala OPD

“Contohnya saja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, ada masyarakat yang butuh tanda tangan kepalanya, namun yang bersangkutan sedang dinas luar. Tidak perlu menunggu lagi, tinggal telepon dan ia bisa membubuhkan tanda tangannya langsung,” jelas Ampera.

Kepala Bidang e-Government dan Teknologi Informasi, Jimmi Saputra, S.Sos, M.PSc, M.T menyampaikan, TTE ini selain memudahkan, keamanannya dan keasliannya juga terjaga.

Dokumen yang telah ditandatangani secara elektronik, lanjut Jimmi, bisa dijamin keasliannya oleh negara. Mengingat TTE kepala OPD ini akan memiliki sertifikat TTE dari BSSN.

“Jadi setiap TTE di masing-masing dokumen memiliki barcode/qwerty yang berbeda. Hanya dengan aplikasi khusus dapat dicek keasliannya,” terangnya.

Ke depan setelah kepala OPD memiliki TTE, pihaknya akan melakukan sosialisasi agar penggunaan TTE ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kemudian akan dilanjutkan dengan pencanangan oleh wali kota. (*)

Penulis : Guslinda
Sumber : Kominfo PP
Editor : Adek

%d blogger menyukai ini: