Press "Enter" to skip to content

Irjen Razilu : Rupajang Rutan Minimalis Dengan Berbagai Inovasi dan Bermacam Sertifikat

Beri salam
Assalamualaikā€¦ Assalamualaikā€¦ Assalamualaikum
Kami dari Rutan Padang Panjang
Salam kami ucapkan
Pada Kementerian Hukum dan HAM
Kami dari Rupajang
Siap WBK dan WBBM

PADANG PANJANG – Demikian bunyi potongan kalimat yel – yel yang diucapkan Karutan Padang Panjang Rudi Kristiawan dan jajarannya ketika menyambut kedatangan Inspektur Jendral Kemenkumham RI, Ir Razilu M.Si di Komplek Rutan Padang Panjang ( Rupajang) , Sabtu (29/1/22).

Sambutan yang sederhana dan bermakna ini membuat Razilu dan rombongan yang terkesima. Sambil tepuk tangan dari mulut Irjen Razilu juga membalasnya dengan ungkapan kata- kata.” Luar biasa, luar biasa,” ujar Razilu didampingi Kakanwil Kemenkumham Sumbar R. Andhika Dwi Prasetya.

Selanjutnya Karutan Rudi Kristiawan mengalungkan selendang sulam kepada pria yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi ini dan diajak mengelilingi serta melihat kondisi serta pelayanan yang diberikan Rupajang kepada WBP dan masyarakat.

” Saya tidak menyangka, area yang kecil dan minimalis ini mampu ditata sebaik mungkin. Luar biasa, memanfaatkan ruangan sebagai multifungsi,” ujar Irjen Razilu dengan kagumnya.

Meski kecil, namun berkat inovasi -inovasi yang diciptakan Karutan Rudi Kristiawan, Rupajang sepertinya tidak terkesan penjara. Puluhan sertifikat bukti pengakuan inovasi dan kemampuan Karutan termuda di Indonesia ini dalam mewujudkan zona WBK / WBBM.

” Baru kali ini saya melihat rutan yang minimalis, tidak komidian tapi berbagai area berbagai macam inovasi, kaya dengan sertifikat, satu tahun membuat perubahan yang luar biasa,” ungkap Razilu.

Menyikapi predikat zona WBK / WBBM, Irjen mengaku akan menelusurinya ke kementerian. Dilihat dari segala aspek pelayanan, Rupajang sudah memiliki semuanya bahkan lengkap.

“Rupajang memiliki semua yang tidak dimiliki Rutan dan Lapas lainya,” ujar Irjen mengapresiasi seraya mengucapkan takjub dan berjanji akan mempromosikan Rupajang ke Lapas dan Rutan lainnya.

Karutan Rudi Kristiawan menyebutkan maksud kedatangan Irjen Kemenkumham Razilu ke Rupajang adalah salah satu dari rangkaian kunjungan kerja Irjen ke Sumatera Barat, dengan jargon Menyapa, Mengajar dan Menyadarkan.

” Melalui penguatan mental yang disampaikan Irjen, kita berharap bisa menjalankan tugas dengan baik dalam koridor sesuai aturan supaya dalam kehidupan sehari di lindungi oleh Allah SWT ,” ujar Alumni AKIP 43 ini.

Menyinggung apresiasi disampaikan Irjen, Karutan Rudi mengaku bersyukur atas apresiasi tersebut, namun tidak membuat dirinya berbesar hati karena masih banyak yang akan dilakukan dalam pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Tidak ada orientasi lain dalam menjalankan tugas sehari-hari, semata-mata hanya pengabdian. Kerja keras bersama dan komitmen WBP dalam mematuhi aturan maka semua dapat kita peroleh,” kata Karutan yang komunikatif dan juga akrab dengan wartawan.(*/adek)