Press "Enter" to skip to content

Inovasi Pelayanan Kependudukan, Bupati Eka Putra Kunjungi Dukcapil Padang Pariaman

PARIAMAN – Tertarik dengan pelayanan akta kependudukan dengan berbagai inovasi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Padang Pariaman pada saat webinar beberapa hari sebelumnya, Bupati Tanah Datar Eka Putra kunjungi Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (09/10).

“Saya sangat tertarik dengan berbagai inovasi terkait pelayanan data kependudukan yang dilakukan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapilceria) Kabupaten Padang Pariaman, ini saya lihat ketika pemaparan zoom meeting beberapa waktu lalu, dari itu saya langsung kesini untuk melihat langsung apa saja inovasi itu,” ucap Bupati Eka Putra ketika disambut langsung kepala Dukcapil Padang Pariaman M. Fadhly.

Menurut Eka Putra, pelayanan dengan memanfaatkan teknologi yang diterapkan Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman, sangat baik sekali, dari itu kita di Tanah Datar juga akan berupaya untuk mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan teknologi sehingga berbagai bentuk pelayanan seperti dokumen kependudukan cukup dirumah saja.

“Banyak inovasi dan keunggulan pelayanan disini, semoga ini juga sebagai pedoman di Kabupaten Tanah Datar sehingga bisa juga mengikuti kemajuan-kemajuan teknologi,” ucapnya.

“Dinas Dukcapil Padang Pariaman teruslah berkreasi dan berinovasi, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih mudah lagi,” pesannya.

Sebelumnya Kadis Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman. Fadhly mengatakan Disdukcapil punya inovasi yang akan memudahkan masyarakat berurusan terkait dokumen kependudukan yang diberi nama Dukcapil Ceria Digital, dimana inovasi ini akan mempermudah masyarakat untuk melakukan perubahan segala bentuk dokumen kependudukan cukup dari rumah masing-masing dengan menggunakan smartphone.

“Aplikasi ini diberi nama Dukcapil Ceria Mobile, aplikasinya bisa di download di google playstore,“ ucapnya.

Dikatakan M. Fadhly untuk inovasi ini lebih memudahkan masyarakat dalam pengurusan berbagai dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KTP, KIA, dan surat pindah.

Pada aplikasi tersebut juga tersedia menu Tamasya (Tampek Mangadu Masyarakat) untuk layanan pengaduan, cek jumlah blanko KTP-el yang tersedia, persyaratan pengurusan masing-masing dokumen kependudukan, bio data dalam satu kartu keluarga dan histori pelayanan.

Berbagai inovasi digital yang ada diaplikasi tersebut disampaikan M Fadhly seperti Sipakem, nagari go digital, gerai dukcapil, alpa beta, kadoku KTP el, dukcapil weekend service, tamasya, prisma dukcapil, pedang saber, miki mos, ajek, satria, bupapri, semen padang pak yan, adik, si bimo, laman ceria, layanan kacamata baca, dukcapil menggoda, e-toilet, si preti, pak perwira, Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dan lain sebagainya.

“Selain itu dukcapil juga memberikan piagam atau sertifikat Pelayanan Administrasi Nikah Terintegrasi (PANTER) yang merupakan kerjasama dengan Kemenag, piagam ucapan selamat ulang tahun ke-17 kepada masyarakat dan piagam ucapan selamat menempuh hidup baru kepada pasangan pengantin,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan jika kunjungan ke Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman sebagai tindak lanjut dari hasil webinar beberapa waktu lalu.

Menurut Eka Putra jika pelayanan dengan memanfaatkan teknologi yang diterapkan Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman, sangat baik sekali, dari itu kita di Tanah Datar juga akan berupaya untuk mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan teknologi sehingga berbagai bentuk pelayanan seperti dokumen kependudukan cukup dirumah saja.

“Banyak inovasi dan keunggulan pelayanan disini, semoga ini juga sebagai pedoman di Kabupaten Tanah Datar sehingga bisa juga mengikuti kemajuan-kemajuan teknologi,” ucapnya.

“Kepada Dinas Dukcapil Padang Pariaman teruslah berkreasi dan berinovasi sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih mudah lagi,”pesannya. (f/adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.