Press "Enter" to skip to content

Fotografi Ekspresi : Sebuah Ungkapan Jiwa

Padang Panjang, wartapublika.com – Komunitas Seni Kuflet Padang Panjang mengadakan diskusi rutin dengan materi ‘Fotografi Ekspresi’ di Sekretariat Komunitas Seni Kuflet Kampung Jambak , Sabtu, (1/4/ 2023) dengan narasumber Ichsan Saputra dimoderatori Opiyanda Riska.

Ichsan Saputra mengatakan, Fotografi Ekspresi sebuah ungkapan jiwa. Karya foto dimaknakan sebagai suatu medium ekspresi yang menampilkan jati diri si Pemotretnya,” ungkap Mahasiswa Penciptaan Fotografi Pascasarjana ISI Padang Panjang.

Ichsan Saputra menambahkan, seorang seniman fotografi dalam berkarya berusaha menggambarkan ungkapan jiwa kedalam karya-karyanya apalagi dalam fotografi ekspresi personal yang menggunakan medium ekspresi seperti kayu, daun, besi (karat), cairan, kaca (cermin).

” Seperti fapat dilihat contoh karya foto saya berangkat dari korek api kayu memiliki kekayaan makna,” paparnya.

Ichsan lebih lanjutkan mengatakan, fotografi ekspresi selain indah juga mengandung arti untuk mengekspresikan ide, pesan atau emosi.

” Elemen dasar dalam membuat karya tersebut yakni mata, otak dan kamera yang saling berkaitan” ungkapnya mengakhiri perbincangan sore sambil ngabuburit.

Sementara Sulaiman Juned mengatakan, fotografi ekspresi tentu dirancang dengan konsep tertentu, fotonya dihadirkan melalui ekspresi kreatornya.

” Fotografi Ekspresi lebih menitik beratkan pada nilai estetika dan intelektual dalam karyanya” Tutur sastrawan dan sutradara teater itu.

Penulis: Fazha
Editor : Adek