Press "Enter" to skip to content

Emirates Red Crescent (ERC) UEA Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Tanah Datar

Batusangkar, wartapublika.com – Musibah banjir yang melanda kabupaten Tanah Datar beberapa pekan lalu tidak hanya menjadi perhatian lembaga nasional saja, namun organisasi luar negeripun ikut prihatin atas musibah yang menimpa Kabupaten Luhak Nan Tuo.

Seperti Emirates Red Crescent (ERC) Uni Emirat Arab ikut merikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir bandang itu.Bantuan diserahkan oleh Direktur Emirates Red Crescent Indonesia Mr. Hasjum Juma Aljasmi diterima langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra,  Rabu (29/5/2024) di Gedung Indojolito Batusangkar.

Bupati Eka Putra menjelaskan encana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Tanah Datar banyak mengakibatkan kehancuran dan juga korban jiwa. Tercatat sebanyak 32 orang meninggal dunia, sementara 10 orang lagi masih belum ditemukan.

Rumah hanyut 43 unit, rusak berat 47 unit, rusak sedang 26 unit dan rusak ringan 80 unit. Selain itu juga ada jembatan rusak, area persawahan, rumah ibadah dan fasilitas pendidikan serta yang lainnya,.

Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh ERC melalui Direktur Emirates Red Crescent Indonesia Mr. Hasjum Juma Aljasmi bersama Mr. Ahmed Ibrahim Alteneiji Perwakilan ERC kantor pusat dan Mr. Saleh Muhammad Bahanan dari ERC Indonesia.

“Saya mewakili seluruh masyarakat Tanah Datar mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas bantuan ini. Bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat, khususnya yang sedang tertimpa musibah,” ujarnya.

Direktur Emirates Red Crescent Indonesia, Hasjum Juma Aljasmi menyampaikan kehadirannya di Tanah Datar ini dilakukan setelah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Presiden RI dan beberapa pejabat tinggi di pusat.

“Setelah berkoordinasi dengan Presiden RI dan beberapa pejabat tinggi lainnya akhirnya kami datang kesini. Tujuan utama kami adalah menyerahkan bantuan kepada korban dan membantu meringankan beban mereka,” ujar dia melalui jurubicaranya kepada wartawan.

Bantuan yang diserahkan berupa berupa beras sebanyak 20 ton, sarden 750 dus, minyak goreng 750 dus, gula 4 ton (200 dus) dan family kid 750 paket, perlengkapan shalat dan juga seragam sekolah.

Hasjum Juma Aljasmi juga berharap Tanah Datar bisa segera pulih dan membaik pasca bencana banjir bandang dan longsor yang melanda beberapa waktu lalu. Pada kunjungannya ke Tanah Datar. Hasjum Juma Aljasmi dan rombongan juga sempat melihat langsung kondisi pengungsi di kantor Wali Nagari Rambatan, sekaligus menyerahkan bantuan.

Hasjum Juma Aljasmi  menambahkan Emirates Red Crescent merupakan sebuah organisasi kemanusiaan sukarela yang mendukung otoritas resmi di masa damai dan perang.

Organisasi ini mengorganisir program kesadaran, pertolongan pertama, perlindungan dan pengendalian epidemi, memperhatikan sosial masalah dan memberikan berbagai bantuan kemanusiaan bagi masyarakat yang membutuhkan, korban kecelakaan dan bencana.(adk/nh)