Press "Enter" to skip to content

Duet Dr Aqua Dwipayana dan Savero “Ero” Karamiveta Motivasi Ratusan Mahasiswa

*Duet Dr Aqua Dwipayana dan Savero “Ero” Karamiveta Motivasi Ratusan Mahasisw*

BOGOR—Dua sosok pemberi inspirasi, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana kembali berkolaborasi dengan Staf Bidang Komunikasi Sosial Poitik dan Masyarakat (Komsospolmas) Tim Komunikasi Publik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Savero “Ero” Karamiveta Dwipayana pada kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi melalui aplikasi zoom, Sabtu, 5 Juni 2021 mulai pukul 08.30.

Duet antara bapak dengan anak itu menjadi kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi yang kesekian kalinya. Sebelumnya aktivitas serupa selalu menuai atensi besar dari khalayak. Banyak pengalaman menarik serta pesan-pesan bernas dan inspiratif yang disampaikan oleh Dr Aqua Dwipayana yang merupakan penulis buku _super best seller_ Trilogi The Power of Silaturahim.

Hal serupa juga dilakukan putra bungsunya Savero Karamiveta Dwipayana yang akrab dipanggil Ero. Meski masih muda, Ero yang merupakan mahasiswa semester VIII Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat itu memiliki segudang pengalaman melakukan kegiatan dan pengabdian sosial. Sejak pandemi  Covid-19 bergulir lebih dari setahun lalu, Ero sudah aktif terlibat dalam program pengendalian pandemi melalui Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 nasional.

*Tujuh Kali*
Setidaknya sudah tujuh kali duet bapak dan anak itu menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bernasnya dalam “satu panggung” yang sama dan nampaknya akan terus bertambah. Tampilnya Ero dalam berbagai ajang dan kegiatan, sejatinya sudah bisa diprediksi.

Kendati tidak diarahkan, sejak awal Ero yang memiliki kepedulian yang tinggi sudah menunjukkan talenta luar biasa di bidang komunikasi publik. Sosok anak muda yang pernah meraih penghargaan Mahasiswa Pegiat Gerakan Kemanusiaan dan Pemberdayaan Masyarakat dari Fikom Unpad tersebut juga memiliki spirit pengabdian sosial yang sangat tinggi.

“Saya tidak pernah mengarahkan anak-anak untuk menjadi apapun. Tugas saya hanya menyediakan fasilitas dan pendukung untuk membawa mereka pada tujuan positif dalam kehidupannya. Namun, Alhamdulillah, kedua anak saya termasuk si sulung Alira Vania Putra Dwipayana tumbuh sesuai dengan nilai-nilai kepekaan dan kepedulian sosial. Yang utama adalah mereka harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, sehingga keberadaan mereka dirasakan banyak orang” ungkap Dr Aqua.

Kiprah perdana komunikasi publik Ero yang sejak awal pandemi sudah menjadi relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nasional yang saat itu dipimpin Letjen TNI Doni Monardo, dimulai pada Sharing Komunikasi dan Motivasi di aula serbaguna SMA N 1 Bukittinggi, Sumatera Barat pada 2-3 Januari 2020. Saat ini Dr, Aqua berbagi panggung tampil berbicara di depan sekira 1.500 peserta dengan Ero, wartawan senior Nurcholis MA Basyari, dan Fauzi Akmal. Pesertanya dari kalangan para guru, orangtua murid, dan siswa/I SMA dan SMK se-Bukittinggi.

Ero menunjukkan kematangannya dengan tampil tanpa canggung seolah sudah terbiasa atau seperti bincang-bincang biasa. Tidak heran, di acara “launching” itu, Ero pun langsung tampil sebagai bintang,  tidak kalah dengan bapaknya.

*Dies Natalis Fikom Unpad*
Penampilan di depan khalayak yang lebih luas dan dihadiri kalangan akademisi yang dijalani Ero berlangsung pada 1 Juli 2020. Saat itu, Fikom Unpad) yang telah menghasilkan lebih dari 300 doktor Komunikasi (termasuk Dr Aqua Dwipayana) menggelar acara launching Dies Natalis ke-60. Meski dilaksanakan di tengah masih berkecamuknya virus korona jenis baru Covid-19, kegiatan dies natalis kali ini tidak kalah meriahnya dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ero tampil tak kalah impresif dengan bapaknya, Dr Aqua pada Webinar “Harmoni Mewujudkan Adaptasi Kenormalan Baru dalam Perspektif Komunikasi”. Webinar dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta, baik dari kalangan internal, termasuk para alumni, maupun dari luar Fikom Unpad. Jumlah peserta webinar tersebut tergolong sangat banyak. Hal itu disebabkan konteks dan kontennya menarik. Ero menjadi pembicara paling muda di luar narasumber lainnya yakni Dr Aqua Dwipayana, Rektor Universitas Padjadjaran Prof Dr Rina Indiastuti, dan Letjen TNI Doni Monardo.

“Penampilan Ero meski menjadi pembicara termuda sangat menarik dan memukau. Saya kira beliau memang mewarisi kompetensi dan keterampilan berkomunikasi dari ayahandanya, Bapak Dr Aqua Dwipayana. Saya yakin Ero akan terus berkembang dan menunjukkan keterampilan dan kompetensi komunikasi yang luar biasa,” ungkap salah seorang dosen senior Fikom Unpad Dr Siti Karlinah, memberikan apresiasi atas penampilan Ero.

Webinar ini dimoderatori oleh Dr Hadi Suprapto Arifin, dosen senior Fikom Unpad yang juga pengajar di Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri. Di tengah-tengah acara, moderator juga mengundang Guru Besar yang juga Dekan ke-9 Fikom Unpad Prof Deddy Mulyana, MA., PhD untuk tampil berbicara.

“Tanpa harus memaksakan kehendak atau menyuruh, Dr Aqua telah berhasil menanamkan teladan kepada putranya, Ero. Hari ini, Dr Aqua Nampak memang ingin memberi kesempatan luas untuk Ero sehingga semakin menemukan kematangannya. Selamat untuk Dr Aqua dan Savero,” ungkap Prof Deddy Mulyana yang memiliki ikatan komunikasi dan emosional yang sangat dekat dengan Dr Aqua.

Kolaborasi Sharing Komunikasi dan Motivasi antara Dr Aqua dengan Ero berlanjut hingga ke Provinsi Bali. Keduanya tampil bersama pada kegiatan bertajuk “Memperkuat Energi dan Sinergi dalam Penanganan Covid-19” di Aula Werkudara Gedung Poliklinik Lantai 3 RSUP Sanglah, Denpasar, Bali, Senin (3/8/2020) pukul 09.00 Wita.

Selanjutnya pada 14 Agustus 2020, Dr Aqua dan Ero hadir pada sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi di Ballroom Maccora 1 Hotel The Rinra Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (14/8/2020). Kegiatan yang dihelat  Bank Sulselbar ini bertajuk “Tetap Produktif, Sehat, dan Aman untuk Mewujudkan Semua Target Bank Sulselbar pada saat Pandemi Covid-19”.

“Saya sengaja mengundang Pak Aqua sebagai Pakar Komunikasi yang telah memotivasi ratusan ribu orang baik di 34 provinsi di Indonesia maupun di puluhan negara. Kepiawaiannya dalam berkomunikasi dan memotivasi sangat dibutuhkan jajaran kami,” ungkap pelaksana tugas Bank Sulselbar Irmayanti Sulthan.

Tanggal 23 Oktober 2020 “duet inspiratif” ini kembali menjadi narasumber pada sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi secara virtual. Ayah dan anak tersebut tampil dalam Webinar di hadapan sekira 1.600 mahasiswa baru serta mahasiswa senior, dan dosen Universitas Bung Hatta Padang, Sumatera Barat, Jumat (23/10/2020).

“Pak Aqua dan putra beliau, Ero, akan Sharing Ilmu Komunikasi dan pengalaman mereka untuk memotivasi mahasiswa baru kami yang berjumlah 1.600 orang. Mereka akan tampil dalam satu kegiatan yang kami namakan Pendikar, yakni Pendidikan Karakter,” kata Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta Dr Hidayat ST, MT.

“Saya insya Allah siap untuk melakukan Sharing Komunikasi dan Motivasi di manapun dan kapanpun sepanjang semua dilakukan demi berkontribusi pada pendidikan. Saya sudah membulatkan tekad menghabiskan sisa hidup saya untuk melaksanakan dan menyebarkan Gerakan silaturahim ke mana dan di mana saja,” ungkap Dr Aqua yang telah mengumrahkan gratis ratusan orang dari hasil penjualan buku _super best seller_ “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

Dalam TOR yang diberikan pihak panitia, Dr Aqua akan memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi terkait dengan perjuangan beliau yang berasal dari keluarga tidak mampu hingga menjadi Pakar Komunikasi dan kemudian sangat aktif dalam banyak kegiatan sosial. Dr Aqua yang memutuskan pensiun dini di usia 35 tahun pada September 2005 dan lebih memusatkan kegiatannya dengan  bersilaturahim tanpa henti juga akan memberikan tips bagaimana mahasiswa dengan tingkat ekonomi rendah namun mampu berdaya dan pada akhirnya memberikan sumbangsih besar bagi masyarakat dan kemanusiaan secara umum.

Di sisi lain, Ero yang pada 2014 keliling Indonesia dengan mendatangi 34 provinsi mulai dari kilometer nol di Sabang, Aceh, sampai kilometer nol di Merauke, Papua akan menceritakan pengalamannya menjadi aktivis sosial, kegiatan sosial apa saja yang pernah diikuti, dan ketertarikannya untuk selalu memberi manfaat bagi lingkungan.

*Ruang Bincang Inspirasi*
Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Pondok Inspirasi Bogor yang dikemas dalam event bertajuk Ruang Bincang Inspirasi. Acara Ruang Bincang Inspirasi adalah sesi berbagi cerita dan pengalaman dalam meneladani nilai-nilai juang narasumber yang telah sukses dalam bidangnya. Kegiatan ini dirancang untuk membangun motivasi mahasiswa guna mengenali potensi diri dan mempersiapkan diri menjadi pemuda yang tangguh.

Ruang Bincang Inspirasi perdana telah dilaksanakan pada 13 Oktober 2019 dengan jumlah peserta anggota Pondok Inspirasi sebanyak 50 orang. Sejauh ini Ruang Bincang Inspirasi sudah dilaksanakan sebanyak 13 kali dengan jumlah peserta mencapai 300 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Selanjutnya, Pondok Inspirasi kembali mengadakan Ruang Bincang Inpirasi khusus untuk mahasiswa Bidikmisi/KIP seluruh Indonesia dengan tema “Memetik Inspirasi dari Sang Pakar Komunikasi” yang akan mengupas tuntas perihal komunikasi bagi mahasiswa.

Chief Executive Officer PT Paragon Technology Innovation Salman Subakat dan pendiri Yayasan Pondok Inspirasi Bogor Rico Juni Artanto yang meminta Dr Aqua dan Ero bicara di acara tersebut.

Sebelumnya pada Sabtu malam (15/5/2021) lalu Rico silaturahim ke rumah Dr Aqua di Bogor. Dalam pertemuan itu Rico didampingi empat temannya dari Pondok Inspirasi. Mereka adalah Ketua Agus Harianto, Ketua Asrama Fakhoor Izaaz Wildhanrahman, Bagian Program Eksternal Aisyah Nurush Shoba, dan Bagian Keuangan Rosita Wulandari. Sedangkan yang mendampingi Dr Aqua adalah Ero. Mereka diskusi sekitar 3,5 jam dari pukul 19.38 hingga pukul 23.20

Dalam pertemuan yang hangat dan akrab itu Rico menyampaikan undangan kepada Dr Aqua dan Ero untuk menjadi narasumber di acara mereka. “Insya Allah saya siap. Silakan dijadwalkan,” ujar bapak dan anak itu senada.

Sebelumnya Rico dan Agus lebih dulu silaturahim ke Direktur Gerakan Jurnalis Peduli Pendidikan Nurcholis MA Basyari di Depok. Mereka mendapat banyak masukan dari wartawan senior yang telah menulis banyak buku itu.***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.