Press "Enter" to skip to content

Dr Aqua Dwipayana: Pegawai Telkom Harus Bersyukur Tidak di-PHK saat Pandemi Covid-19

MALANG—Seluruh pegawai Telkom termasuk yang bertugas di wilayah Bogor harus banyak bersyukur karena selama pandemi Covid-19 tidak mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Di sisi lain banyak orang yang jumlahnya mencapai jutaan diberhentikan dari perusahaan tempatnya bekerja.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyampaikan hal itu saat memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi secara virtual kepada lebih dari 100 pegawai Witel Bogor, Jumat 20 Agustus 2021.

Dr Aqua mendapat undangan langsung dari General Manager Telkom Wilayah Bogor Muskab Muzakkar untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi  berkaitan dengan kegiatan “Festival Kemerdekaan HUT RI 76 Witel Bogor – Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Dr Aqua sendiri berada di Malang, Jawa Timur, sehingga penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu memberikan materi secara virtual. Atas bantuan General Manager Witel Malang Sonny Hidayat dan demi kelancaran jaringan komunikasi, Dr Aqua melakukan sharing secara virtual di meja kerja Sonny.

Dr Aqua melanjutkan, sebagai wujud rasa syukur itu maka semua pegawai Telkom di mana pun bertugas agar mengoptimalkan kinerjanya. Dengan begitu perusahaannya terus maju.

Dalam paparan lebih lanjut, Dr Aqua yang telah mengumrahkan lebih dari 150 orang dari berbagai kalangan dari hasil penjualan  buku “super best seller” berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” karyanya itu menegaskan Telkom Bogor termasuk yang diperhitungkan. Untuk itu semua karyawan harus mensyukurinya.

“Kantor Witel Bogor adalah peraih revenue tertinggi di antara seluruh Witel lainnya. Hal ini berkat kepemimpinan yang baik dari Pak Muskab dan tentunya juga kinerja semua pegawai. Semua pencapaian itu harus disyukuri dan salah satu wujudnya teruslah bekerja dengan optimal,” ungkap Dr Aqua.

*Kesantunan Berkomunikasi*
Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu menambahkan bahwa komunikasi merupakan bagian strategi dari kinerja optimal perusahaan. Oleh karena itu semua pegawai Telkom Bogor diharapkan terus-menerus mengasah keterampilan komunikasi khususnya pada aspek “soft skill”.

“Fakta menunjukkan bahwa kesalahan mendasar dalam komunikasi seringkali menjadi penyebab kemunduran seseorang yang kemudian berdampak pada hancurnya lembaga atau perusahaan tempatnya bekerja,” kata anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi (ISKI) Pusat ini.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu mengungkapkan untuk bisa menggapai keberhasilan pada pekerjaan dan bahkan semua aspek dalam kehidupan, seseorang tidak hanya dapat mengandalkan pada kecerdasan berpikir.

“Keberhasilan dan kebahagiaan dalam hidup hanya bisa diperoleh lewat kecerdasan komunikasi dan kecerdasan hati. Maka tingkatkankah keterampilan berkomunikasi sebagai “soft skill” Anda,” lanjut Dr Aqua.

Hal ini dilakukan termasuk ketika mengikuti kegiatan rapat atau aktivitas virtual melalui perangkat zoom atau lainnya. “Walaupun tidak bertemu dan bertatap muka secara fisik tetap saja ikuti zoom atau rapat virtual secara serius. Ini merupakan salah satu bentuk keterampilan berkomunikasi yang juga terkait dengan prinsip etika dan kesantunan berkomunikasi,” ucap Dr Aqua.

Untuk mencapai efektivitas komunikasi, menurut Dr Aqua yang semakin padat jadwal kegiatannya di masa pandemi Covid-19 ini, semua pegawai harus dapat menjalankan rumus REACH Plus AC. Hal ini mengacu pada lima aspek yakni “Respect” atau perhatian yaitu di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun selalu menghormati, jangan pernah meremehkan.

Kemudian, “Empathy” atau bisa menempatkan diri yaitu bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain. Melayani dengan optimal dan standar, tidak ada perbedaaan atau diskriminasi.

“Selanjutnya “Audible” atau mudah dimengerti yaitu semua yang disampaikan gampang dipahami. “Clarity” atau kejelasan pesan yang diutarakan dengan mengutamakan etika komunikasi sehingga mudah  dimengerti. Terakhir, “Humble” atau rendah hati, tidak ada yang perlu disombongkan oleh setiap manusia. Semua itu perlu dilengkapi dengan huruf “AC” yakni “Action” atau Tindakan nyata dan cepat serta “Consistency” atau Konsistensi yang dilakukan secara terus-menerus,” jelas pria yang hobi silaturahim itu.

Dr Aqua juga menyampaikan penekanan pada memaknai hari kemerdekaan dengan mengoptimalkan peran sebagai bagian dari perusahaan di tengah pandemi Covid-19. Selain itu mengoptimalkan kualitas komunikasi untuk memaksimalkan peran guna mendukung Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh.

Muskab senang sekali dengan kesediaan Dr Aqua memenuhi undangannya. Apalagi disampaikan secara mendadak.  “Terima kasih banyak Pak Aqua. Sharing Komunikasi dan Motivasi yang bapak sampaikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja teman-teman di Telkom Bogor,” ucap Muskab.

*Prerogatif Tuhan*
Rezeki setiap orang sering datangnya tiba-tiba dan tidak disangka-sangka. Asalnya dari berbagai penjuru mata angin. Tentang ini sepenuhnya adalah prerogatif Tuhan dan tidak ada seorangpun yang bisa menebak, menyangkal, dan menghambatnya.

Hal ini juga terjadi pada sosok Dr Aqua yang mendapat undangan Sharing Komunikasi dan Motivasi dari Telkom Wilayah Bogor, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mapan di Tanah Air.

Kamis malam, 19 Agustus 2021, saat sedang ngobrol santai dengan mantan Asisten Manajer  Food and Beverage Hotel The Trans Resort Seminyak Bali Noeris Achsan Asyari di Resto Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya sambil menunggu Komandan Pomdam V/Brawijaya Kolonel Cpm Moh Sawi yang datang dari Madiun – setelah mengawal kunjungan kerja Presiden Jokowi – tiba-tiba General Manager Telkom Wilayah Bogor Muskab Muzzakar menelefonnya. Sebelumnya laki-laki yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan itu telah beberapa kali kontak Dr Aqua namun tidak berhasil berkomunikasi.
Muskab menginfokan pada Jumat pagi 20 Agustus 2021, di kantornya diadakan acara Puncak Festival Kemerdekaan HUT RI 76 Witel Bogor -bertema ”Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Terkait dengan itu Muskab meminta Dr Aqua untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi secara daring.

Agar komunikasi lancar selama acara dan tidak ada gangguan jaringan, Dr Aqua memutuskan melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasinya di Kantor Witel Malang. Pilihan seperti ini sering dilakukannya terutama ketika berada di berbagai daerah.

Muskab kemudian mengontak General Manager Telkom Malang Sonny Hidayat. Selesai mereka komunikasi, Muskab  berkirim WA kepada Dr Aqua. “Monggo Pak Aqua bisa WA-an langsung ke beliau…” Sebelumnya percakapan mereka di WA dikirimkan ke Dr Aqua.

Setelah itu Dr Aqua kontak Sonny. Mengenalkan diri sekaligus menginfokan mau menumpang di kantornya untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi secara daring.

Selain Sharing Komunikasi dan Motivasi, acara di kantor Witel Bogor, konten kegiatan lainnya yaitu dua perlombaan pre event, tiga perlombaan event, puncaknya adalah launching Ruang Podcast.

Detailnya acaranya pengumuman pemenang makan krupuk dan lomba foto Instagram. Juga pelaksanaan lomba Berpacu dalam lagu, Asesories 17an, dan Cerdas cermat.

Kepada semua pemenang lomba dan para penanya, Muskab memberikan satu dari tiga buku super best seller_ Trilogi The Power of Silaturahim. Buku tersebut berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Jumat (15/4/2016) – bertepatan dengan promosi doktor Dr Aqua Dwipayana di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad), permintaan buku  “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” terus meningkat. Hal itu sama sekali di luar dugaannya sehingga sangat disyukurinya.

Dr Aqua membagikan buku ke-11 karyanya yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”  sebagai souvenir buat ratusan saudara dan relasi yang hadir di acara yang bersejarah itu. Semuanya senang karena sebelumnya sama sekali tidak menyangka mendapat hadiah buku tersebut.

Buku  “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” cukup fenomenal dengan dibantu editor yang sangat berpengalaman Nurcholis MA Basyari.  Buku yang awalnya diniatkan sebagai souvenir, belakangan laris-manis sehingga jadi “super best seller”. Sampai sekarang sudah delapan kali cetak sebanyak 160 ribu eksemplar.

Uang dari penjualan bukunya antara lain buat membiayai umrah sebanyak ratusan orang. Mereka tergabung dalam rombongan umroh The Power of Silaturahim (POS) I, II, III, IV yang dimulai pada 2017.(*/ad)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.