Press "Enter" to skip to content

Datangi Diskominfo Padang, DPRD Padang Panjang Sigi Retribusi Menara

WARTA PUBLIKA. COM, Padang – Komisi III DPRD Kota Padang Panjang  Serambi Mekkah  mendatangi Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di Balaikota, Aie Pacah, Selasa (2/8)

Kedatangan anggota DPRD Padang Panjang dari Komisi III itu sambil belajar. Sekaligus menyigi penerapan pemungutan retribusi menara telekomunikasi yang selama ini dikelola Diskominfo Padang.

Rombongan dari DPRD Padang Panjang ini disambut langsung Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Al Amin beserta sejumlah pejabat struktural di dinasnya. Setelah melihat penerapan retribusi menara di Diskominfo Padang.

Rombongan dari DPRD Padang Panjang yang dipimpin oleh Idris itu mengaku akan menerapkan apa yang telah didapatnya di Padang. “Setelah ini akan terapkan juga di daerah kami,” sebut Idris.

Nampak hadir lima anggota DPRD Padang Panjang lainnya saat disambut di ruang rapat Staf Ahli di Lantai II Balaikota Padang. Lima anggota DPRD itu yakni Novi Hendri, Yudha Prasetia, Kiki Anugerah Dia, Hendra Saputra, serta Hukemri Selain itu juga hadir staf dari Sekretariat DPRD Padang Panjang, Riswendi Mulia.

Plt Kadis Kominfo Padang Al Amin dalam paparannya di depan anggota DPRD Padangpanjang menyampaikan bahwa saat ini telah terjadi penambahan jumlah menara di Kota Padang. Tahun lalu jumlah menara di Padang sebanyak 497 buah, sedangkan tahun 2022 ini bertambah menjadi 505 menara.

“Jumlah pemilik menara paling banyak yakni Mitratel, jumlahnya mencapai 180 menara yang tersebar di Padang,” ungkapnya.

Dijelaskan Al Amin, dari sebanyak itu, 319 buah diantaranya merupakan menara dengan tiga sampai empat kaki atau biasa disebut dengan menara SST. Kemudian menara monopole sebanyak 97 buah, dan menara roof top sebanyak 89 buah.

“Kita menargetkan PAD yang terkumpul dari menara ini sebesar Rp2,3 miliar,” jelasnya.

Sementara itu, untuk pembayaran retribusi, Diskominfo Padang telah menggandeng pihak perbankan. Pembayaran retribusi kini tidak lagi secara manual. Akan tetapi secara nontunai melalui aplikasi yang telah disiapkan.

“Ada aplikasi e-payment yang mendukung lancarnya pembayaran retribusi menara,” ungkap Al Amin.

Dalam pertemuan itu, Al Amin mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan anggota DPRD Padangpanjang. Menurutnya, hal ini akan mempererat tali silaturahim antar kedua daerah.

“Terimakasih atas kunjungannya, kita tentu sangat berharap jalinan silaturahim akan terjalin erat setelah ini,” katanya.

Pada pertemuan di Ruang Rapat Staf Ahli Wali Kota itu hadir dari Diskominfo Padang yakni Kabid Inti Burdefira, Kabid e-Gov Windra Deddy, pejabat fungsional Agus Salim, Charlie, dan lainnya.(*)

Sumber : Kominfo Padang

 

Comments are closed.