Press "Enter" to skip to content

Capaian Kinerja Kearsipan Memuaskan, Padang Panjang Peroleh Penghargaan ANRI Tahun 2024, Satu-Satunya di Sumatera Barat

Samarinda, wartapublika.com – Pemerintah Kota Padang Panjang menerima penghargaan hasil pengawasan kearsipan tahun 2023 sebagai kota dengan kinerja terbaik dan satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat dengan kategori “A” Memuaskan.

Penghargaan diserahkan Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani dan diterima Asisten Bidang Administrasi Umum Setdako, Martoni pada peringatan Hari Kearsipan Ke – 53 di Hotel Mercure, Samarinda, (Rabu/29).

Sebelumnya, Plt Kepala ANRI, Imam Gunarto  mengatakan, pemberian penghargaan menjadi salah satu rangkaian acara Peringatan Hari Kearsipan ke-53 di Samarinda, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyerahkan penghargaan Hasil Pengawasan Kearsipan.

Untuk nilai sangat memuaskan (di luar tiga terbaik) yang diserahkan oleh para pimpinan ANRI, sedangkan untuk Terbaik Nasional yang diserahkan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala ANRI, Imam Gunarto dan Perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Jufri Rahman, selaku staf Ahli dan Sekretaris Utama ANRI Rini Agustini.

Dikatakan Imam Munarto, terkait kinerja kearsipan yang semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya, kinerja kearsipan nasional sampai dengan April 2024 tergambar dalam tiga kelompok program kearsipan, yaitu Tertib Arsip, Transformasi Digital dan Memori Kolektif Bangsa.

Capaian kinerja kearsipan tergambar dalam empat indikator utama, yaitu indeks kepatuhan terhadap kebijakan kearsipan, indeks ketersediaan arsip, indeks pelayanan informasi kearsipan, indeks reformasi birokrasi, dan Alhamdulillah, semuanya sudah mencapai hasil baik dengan skor 80,24.” 

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh insan kearsipan di Indonesia atas dukungan dan partisipasinya, sehingga capaian kinerja kearsipan menjadi lebih baik,” tambahnya.

Atas penghargaan tersebut, Martoni mengapresiasi ANRI yang telah memberikan penghargaan atas kinerja Pemko Padang Panjang dalam bidang kearsipan khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), sebuah kebanggaan tersendiri karena kota Padang Panjang satu-satunya kota yang memperoleh penghargaan dari  ANRI pada tahun 2024 ini.

” Kita sangat bangga dengan hasil ini, namun kita akan terus berbenah sesuai indikator penilaian dan arahan Pj Walikota Padang Panjang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi ke depannya,” ujar Martoni didampingi Arsiparis DPK, Wendri Jasman.

Terpisah Plh Walikota Winarno mengaku penghargaan yang diperoleh dari ANRI bukan menjadi akhir dari pencapaian Pemko Padang Panjang dalam mengelola arsip. Masih banyak yang perlu dilakukan agar pengelolaan arsip si Pemko Padang Panjang bisa yang terbaik sesuai dengan indikator yang ditetapkan ANRI.

Dijelaskan Winarno, ada empat indikator utama dalam pengelolaan arsip yang ditetapkan ANRI yakni indeks kepatuhan terhadap kebijakan kearsipan, indeks ketersediaan arsip, indeks pelayanan informasi kearsipan, dan indeks reformasi birokrasi,

” Kita berharap penghargaan dari ANRI menjadi pemicu menuju pencapaian kinerja arsip yang lebih baik kedepan bagi seluruh unsur terkait kearsipan,” ujar Winarno Plt Sekretaris Daerah yang ditunjuk Pj Walikota Sonny Budaya Putra sebagai Plh Walikota Padang Panjang.(*/adv)

More from KHUSUSMore posts in KHUSUS »