Press "Enter" to skip to content

Buku “Super Best Seller” Trilogi The Power of Silaturahim Hadiah untuk Nasabah Prioritas Bank BPD Bali

MATARAM—Kepala Bank BPD Bali Cabang Mataram, Nusa Tenggara Barat, I Gede Muliawan menegaskan buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim karya Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana efektif sebagai hadiah untuk nasabah prioritas Bank BPD Bali Cabang Mataram. Dia meyakini banyak orang menyukai buku itu, sehingga membelinya dalam jumlah banyak.

PPP

Penegasan itu disampaikan Muliawan kepada Dr Aqua saat mereka ketemu di kantornya Jalan Pejanggik nomor 92 Pajang Timur Mataram pada Kamis sore, 24 Juni 2021 lalu. Ketika itu banyak staf level pimpinan yang mendampinginya.

Mereka adalah Wakil Kepala Cabang I Putu Gede Ariana, Kasi Pelayanan Ida Ayu Agung Andriani, Kasi Dana Ida Bagus Putu Andika Wibawa, Kepala Teller I Wayan Gede Windiarta, serta Kasi Hukum dan Administrasi Kredit I Nyoman Suparta.

Sehari sebelumnya, pada Rabu siang, 23 Juni 2021 Dr Aqua silaturahim kepada Direktur Utama (Dirut) Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma di kantornya Jalan Raya Puputan Niti Mandala, Renon, Denpasar. Mereka adalah teman lama.

Saat pertemuan itu Dr Aqua menyampaikan kepada Nyoman bahwa dari Bali dia akan melanjutkan silaturahim ke Nusa Tenggara Barat. Menemui banyak temannya di provinsi itu.

Begitu mengetahui Dr Aqua akan ke Nusa Tenggara Barat, Nyoman langsung telepon ke Muliawan. Menginfokan Dr Aqua mau ke provinsi itu dan mampir ke kantor BPD Bali Cabang Mataram.

“Pak Muliawan, teman baik saya Pak Aqua Kamis besok mau ke Mataram. Beliau akan silaturahim ke bapak. Tolong diterima ya,” pesan Nyoman.

Saat Nyoman menyebutkan nama Dr Aqua, Muliawan langsung teringat dengan “The Power of Silaturahim” yang selama ini melekat erat pada penulis banyak buku “best seller” itu. Apalagi sebagai bankir dirinya telah mempraktikkan hal tersebut. Ternyata efektif sekali dan sudah banyak hasilnya.

“Saya juga teringat pada tahun lalu saat Pak Aqua dan putra bungsunya Mas Savero Karamiveta Dwipayana melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Bank BPD Bali. Ketika itu saya hadir sebagai peserta. Saya sependapat dengan semua yang disampaikan kedua pembicara termasuk mengenai dahsyat dan luar biasanya kekuatan silaturahim,” ungkap Muliawan.

Laki-laki asal Klungkung, Bali yang baru sekitar dua bulan promosi menjadi Kepala Bank BPD Bali Cabang Mataram itu menambahkan, pengalamannya saat silaturahim menemui siapapun, awalnya tidak mengharapkan apa-apa. Datang untuk berteman dan ngobrol.

Dengan niat dan bersikap seperti itu, lanjut Muliawan, setiap orang yang didatangi pasti senang. Sama sekali tidak terbebani. Komunikasinya jadi enak, lancar, dan nyaman.

*Yakini Efektivitas Silaturahim*
Seiring dengan perjalanan waktu, tambah laki-laki yang rendah hati dan ramah itu, hubungannya jadi akrab. Sehingga sering terjadi, meski belum ditawari, mereka yang lebih dulu menyatakan mau menjadi nasabah Bank BPD Bali.

“Kalau sudah seperti ini maka silaturahim yang dilakukan secara signifikan berpengaruh pada bisnis perbankan yang saya tekuni. Tinggal memelihara saja agar hubungan langgeng dan tetap harmonis,” kata Muliawan sambil tersenyum.

Karena sangat meyakini efektivitas silaturahim dalam mensukseskan bisnis sehingga Muliawan sejak lama intens melaksanakan hal itu. Kemudian menekankan kepada seluruh jajarannya untuk konsisten melaksanakannya.

Keyakinan itu semakin bertambah setelah membaca buku “super best seller” karya Dr Aqua yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” yang telah delapan kali cetak sebanyak 160 ribu eksemplar. Muliawan mendapatkannya saat Dr Aqua dan putra bungsunya Ero, panggilan akrab Savero Karamiveta Dwipayana Sharing Komunikasi dan Motivasi di kantor pusat Bank BPD Bali.

“Saya telah membaca buku karya Pak Aqua itu sampai tuntas. Juga sudah mempraktikkan seperti yang ditulis di buku tersebut. Terbukti efektif dan hasilnya dahsyat,” ungkap Muliawan bersemangat.

Buku “super best seller” berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” adalah buku pertama dari buku Trilogi The Power of Silaturahim. Saat Dr Aqua menawarkan dua buku lanjutannya yang merupakan karya terbaru mantan wartawan di banyak media besar itu, Muliawan langsung tertarik.

Kedua buku itu berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

Dicetak masing-masing 20 ribu eksemplar sehingga totalnya 40 ribu eksemplar. Sejak pertama kali dipasarkan pada Januari 2021 sampai sekarang telah terjual sebanyak 30 ribu eksemplar.

Muliawan tertarik melihat cover buku dan judulnya. Meski belum membacanya dia meyakini isinya bagus dan berkualitas. Seperti buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”

Karena itu dengan mantap dia membeli ratusan eksemplar bukunya. Kedua buku tersebut diberikan kepada semua karyawannya dan para nasabah terutama nasabah prioritas.

“Kedua buku karya Pak Aqua ini sangat bermanfaat buat teman-teman di Bank BPD Bali Cabang Mataram. Juga saya yakin para nasabah senang saat saya berikan buku itu kepada mereka,” tutur Muliawan.

*Cabang Berkinerja Terbaik*
Saat silaturahim ke Muliawan, buku-buku “super best seller” itu sedang diangkut  pesawat dari Sidoarjo menuju Lombok. Kota Sidoarjo merupakan satu dari enam tempat penyimpanan stok semua buku. Lima kota lainnya adalah Malang, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, dan Bogor.

“Selamat Sore Bapak Aqua. Kalau memungkinkan buku-bukunya kami terima hari ini. Semalam-malamnya ataupun besok pagi, sepagi-paginya. Karena kami setiap hari Jumat sekitar pukul 07.00 ada acara “Wake Up Morning” kepada seluruh karyawan di banking hall. Acaranya sekitar 30 menit, sebelum pelayanan. Waktunya bagus dan pas sekali untuk kami hadiahkan kepada seluruh karyawan agar memahami pentingnya silaturahim buat perkembangan diri mereka dan Bank BPD Bali tempat mereka bekerja,” pesan Muliawan lewat whatsapp (WA) sesaat setelah Dr Aqua meninggalkan kantornya.

Sekitar setengah jam setelah itu, ratusan eksemplar pesanan bukunya tiba di kantor Muliawan. Dr Aqua yang langsung mengantarkannya setelah minta tolong kepada sopir temannya untuk mengambilkan buku-bukunya di bagian kargo di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok Tengah.

Muliawan senang dengan hal tersebut karena rencananya Jumat pagi, 25 Juni 2021 membagikan buku-buku ke jajarannya terwujud. Kesenangannya bertambah saat Dr Aqua menyatakan siap melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi pada acara “Wake Up Morning” itu.

“Dengan senang hati Pak Aqua. Suatu kebanggaan bagi Bank BPD Bali Cabang Mataram apabila bapak berkenan hadir memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada seluruh karyawan kami,” ujar Muliawan sambil menugaskan sopirnya untuk menjemput Dr Aqua di Hotel Aston Mataram tempatnya menginap.

Kepada semua karyawan Bank BPD Bali Cabang Mataram Dr Aqua menyampaikan agar bersyukur karena sehat saat pandemi Covid-19. Hal itu harus dijadikan motivasi untuk meningkatkan kinerja sehingga dapat memenuhi target yang telah ditetapkan manajemen.

“Kalau saya menjadi karyawan Bank BPD Bali Cabang Mataram, target dan upaya maksimal yang dilakukan adalah menjadikan cabang ini yang terbaik di antara seluruh kantor Cabang Bank BPD Bali. Saya yakin terwujud. Apalagi kantor cabang satu-satunya di luar Bali ini dipimpin oleh Pak Muliawan yang hebat, luar biasa, dan senang silaturahim,” papar Dr Aqua menyemangati seluruh yang hadir.

Selain itu, lanjut Dr Aqua, harus bersyukur bekerja di Bank BPD Bali yang sangat terkenal. Sehingga lebih mudah saat berkomunikasi dan memasarkan produk kepada para nasabah dan calon nasabah.

Pada acara Sharing Komunikasi dan Motivasi itu kepada semua penanya, Dr Aqua memberikan sejumlah uang. Selain sebagai hadiah kejutan, juga untuk memotivasi mereka agar mau bertanya.

Kebiasaan berbagi rejeki termasuk sejumlah uang adalah ciri khas anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi (ISKI) Pusat itu setiap Sharing Komunikasi dan Motivasi. Dr Aqua senang dan bahagia bisa melakukan itu.

Beberapa jam setelah acara itu, kepada Dr Aqua, Muliawan kirim foto dan WA. “Pak Aqua, saya baru saja ketemu nasabah, Bapak Deny Satya Premana. Beliau pemilik Hotel Tambora di Sumbawa. Pak Denny senang sekali saat saya berikan buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim karya bapak. Beliau titip salam hormat buat Pak Aqua.”

Menurut Muliawan kedua buku “super best seller” itu sangat efektif buat sarana kontak dengan para nasabah. Harganya tidak mahal dan manfaatnya besar sekali buat yang membacanya.

Beberapa hari kemudian, Muliawan yang aktif melaksanakan silaturahim tanpa pamrih kembali kirim WA ke Dr Aqua. Mengabarkan aktivitas yang dilakukannya.

“Pak Aqua tadi saya ketemu Kepala Dinas
Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat Bapak Fathurrahman dan CEO NTB Mall Bapak Ricky Hartono Putra. Kepada beliau berdua, saya berikan buku karya bapak yang berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”. Mereka sangat senang menerimanya,” pungkas Muliawan yang bertekad untuk terus melaksanakan silaturahim tanpa pamrih.(*/ad)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.