Press "Enter" to skip to content

Baznas Launching Balai Ternak Balimbiang Saiyo

TANAH DATAR – Anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Saidah Sakwan mengatakan cita-cita Baznas adalah mengentaskan kemiskinan, bagaimana orang yang berhak menerima zakat ( mustahik) menjadi orang wajib bayar zakat (muzakki).

” Salah satu upaya Baznas mengentaskan kemiskinan di Indonesia adalah melalui pemberdayaan peternak,
” ujar Saidah Sakwan ketika melaunching Balai Ternak Baznas Balimbiang Saiyo, Nagari Balimbiang Rambatan Tanah Datar, Minggu (03/10/21).

Selain dihadiri jajaran Baznas, launching Balai Ternak Baznas Balimbiang Saiyo dihadiri Direktur Bank Permata Syariah Herwin Bustamam, Kadis Pertanian Yulfiardi, Camat Rambatan Ikrar Pahlevi dan kelompok ternak.

Menurut Saidah, balai ternak merupakan salah satu program pemberdayaan BAZNAS dengan menggunakan dana zakat, infak dan sedekah yang ditunaikan oleh para donatur untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak kecil.

Saidah berharap para mustahik peternak binaan Baznas bisa hidup sejahtera secara finansial maupun sosial dan ke depan lahir sebuah korporasi peternakan yang berisi peternak-peternak binaan Baznas.

“Dalam satu nagari hadir satu korporasi peternak. Sehingga bisa lebih efisien serta menghasilkan manfaat lebih besar untuk para peternak,” ujar Saidah Sakwan.

Saidah Sakwaan mengatakan, kehadiran Balai Ternak Baznas Balimbiang Saiyo merupakan kolaborasi antara Baznas dengan Bank Permata Syariah, Baznas Provinsi Sumatera Barat dan Baznas Kabupaten Tanah Datar.

Kata dia, kehadiran balai ternak di Tanah Datar ini merupakan wujud dari program BAZNAS yang sudah tersebar di berbagai daerah lainya di Indonesia, sedangkan Balai Ternak Baznas Balimbiang Saiyo satu-satunya di Sumatera Barat.

Sementara itu, Direktur Permata Bank Syariah, Herwin Bustaman mengatakan, Bank Permata Syariah mendukung Gerakan Cinta Zakat dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan membayarkan zakat, infaq dan sedekahnya.

Herwin berharap, penyaluran zakat oleh Baznas tepat sasaran, sehingga tujuan utama dari program Baznas dapat terwujud dengan baik,tentu tidak lupa dukungan dari semua pihak mulai dari masyarakat, pemerintah. “Semoga zakat oleh Baznas tersalur dengan baik, tepat sasaran,” ujar Herwin.

Herwin berharap, semakin banyak masyarakat yang membayar zakat dengan kemudahan tersebut, semakin banyak pula manfaat yang nantinya akan didapatkan oleh masyarakat yang membutuhkan.

Disisi lain, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menambahkan program penyaluran bantuan Baznas kepada peternak seiring dengan program pemerintah kabupaten dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia berharap Balai ternak yang dikelola oleh kelompok ternak Balimbiang Saiyo, Nagari Balimbiang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar ini mampu berkembang dengan baik. ” Penerima manfaat merupakan warga miskin yang terverifikasi Studi Kelayakan Peternak Mustahik (SKPM),” ujarnya.(adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.