Press "Enter" to skip to content

Baznas Bantu Dana Pendidikan Calon Mahasiswa

TANAH DATAR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar, menyalurkan dana zakat bantuan masuk Perguruan Tinggi jalur undangan (SMPTN dan SPAN-PTKIN) tahun 2021 kepada 339 orang calon mahasiswa Kabupaten Tanah Datar senilai Rp. 708 juta, di Aula Serbaguna Kecamatan Lima Kaum, Selasa (13/7).

Prosesi penyaluran dana zakat bantuan masuk Perguruan Tinggi tersebut dihadiri Bupati Tanah Datar, Kepala Kantor Kemenag H. Syahrul, Kepala Dinas Pendidikan Riswandi, Kepala Bank Nagari Syariah Batusangkar Dewi Purnama, Camat Lima Kaum Hendra Setiawan, dan Anggota Forkopinca Lima Kaum.

Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Pendidikan Riswandi dalam sambutan tertulis mengucapkan, selamat kepada para calon mahasiswa yang berhasil diterima diberbagai Perguruan Tinggi di Indonesia melalui jalur SMPTN dan SPAN- PTKIN Tahun 2021.

Bupati berharap kepada seluruh calon mahasiswa Tanah Datar yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur SMPTN dan SPAN-PTKIT itu untuk selalu bersemangat dalam menimba ilmu pendidikan, karena merekalah calon-calon pemimpin Tanah Datar masa depan.

Kemudian Riswandi menyampaikan pesan Bupati, “Terima kasih sann apresiasi kepada Baznas Kabupaten Tanah Datar, yang telah mampu menghimpun dana zakat dari para ASN dan masyarakat Tanah Datar, untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan para siswa serta calon mahasiswa yang berpretasi,” sampai Riswandi.

Sementara itu Kakankemenag Tanah Datar H. Syahrul dalam sambutannya, juga memberikan semangat kepada para calon mahasiswa yang berprestasi tersebut. “Agar calon mahasiswa Tanah Datar yang menerima bantuan ini untuk selalu meningkatkan prestasinya lebih baik lagi,” ujarnya.

“Saya berharap kepada Bupati, agar dana Baznas yang telah terhimpun itu dapat diterima oleh yang berhak dengan utuh dan semua biaya transportasi dan lainnya tidak dibebankan kepada penerima dana tersebut,” ucap H. Syahrul lagi.

Dalam kesempatan itu Kakankemenag juga mensosialisasikan SE Menag RI.No. 15, 16 dan 17 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan dan Teknis Shalat Idul Adha dan Ibadah Qurban tahun 2021 di masa pandemi Covid -19.

Selanjutnya Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah dalam laporannya menyampaikan, penyaluran dana zakat bantuan masuk perguruan tinggi melalui jalur SMPTN dan SPAN- PTKIN tahun 2021 ini, diserahkan kepada 339 orang calon mahasiswa Tanah Datar dengan Total dana sebesar Rp. 708 juta.

Yasmansyah lebih lanjut menjelaskan, Baznas Tanah Datar juga akan memberikan bantuan untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) para calon mahasiswa tersebut, dengan jumlah yang bervariasi maksimalnya Rp. 5 juta.

“Saya minta kepada pimpinan lembaga pemerintah dan masyarakat Tanah Datar untuk menyalurkan zakatnya ke Baznas Kabupaten Tanah Datar,” pungkasnya. (adek)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.